KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI

Robbins (2007), memberikan 7 karakteristik budaya sebagai berikut :

1)      Inovasi dan keberanian mengambil resiko yaitu sejauh mana karyawan diharapkan didorong untuk bersikap inovtif dan berani mengambil resiko.

2)      Perhatian terhadap detail yaitu sejauh mana karyawan diharapkan menjalankan presisi, analisis, dan perhatian pada hal-hal detil.

3)      Berorientasi pada hasil yaitu sejauh mana manajemen berfokus lebih pada hasil ketimbang teknik atau proses yang digunakan untuk mencapai hasil tersebut.

4)      Berorientasi kepada manusia yaitu sejauh mana keputusan-keputusan manajemen mempertimbangkan efek dari hasil tersebut atas orang yang ada di dalam organisasi.

5)      Berorientasi pada tim yaitu sejauh mana kegiatan-kegiatan kerja diorganisasi pada tim ketimbang individu-individu.

6)      Agresivitas yaitu sejauh mana orang bersikap agresif dan kompetitif ketimbang santai.

7)      Stabilitas yaitu sejauh mana kegiatan-kegiatan organisasi menekankan dipertahankannya status quo dalam perbandingannya dengan pertumbuhan.

Sedangkan Schneider dalam (Pearse dan Bear, 1998) mengklasifikasikan budaya organisasi ke dalam empat tipe dasar:

1)      Control culture. Budaya impersonal nyata yang memberikan perhatian pada kekonkretan, pembuatan keputusan yang melekat secara analitis, orientasi masalah dan preskriptif.

2)      Collaborative culture. Berdasarkan pada kenyataan individu terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan secara people-driven, organic dan informal. Interaksi dan keterlibatan menjadi elemen pokok.

3)      Competence culture. Budaya personal yang dilandaskan pada kompetensi diri, yang memberikan perhatian pada potensi, alternatif, pilihan-pilihan kreatif dan konsep-konsep teoretis. Orang-orang yang termasuk dalam tipe budaya ini memiliki standar untuk meraih sukses yang lebih tinggi.

4)      Cultivation culture. Budaya yang berlandaskan pada kemungkinan seorang individu mampu memperoleh inspirasi.

About these ads

Posted on January 25, 2010, in BUDAYA ORGANISASI and tagged . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. pak mau tny itu penelitian budaya organisasi milik robbins kan ada kuisioner nya di buku, kuisioner terdiri dari 14 pertanyaan..kalau nilai sangat setuju tinggi atau nilai sangat tidak setuju tinggi dapat diartikan apa ya?

  2. saya ambl jdul pengaruh corporate culture terhadap kinerja karyawan. grand teori yang cocok apa y? thnks

  3. saya ingin bertanya, apakah ada pemahaman lebih jelas mengenai teori 7 karakteristik budaya menurut Robbins?? saya sedang mengalami kesulitan dengan kajian teori penelitian saya. kalo ada sumber2 lainya saya ingin minta…. mohon bantuanny!!!!

    • kajian itu ada dibuku Robbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, buku 2. Jakarta : salemba empat. page:256-257
      saya tidak menemukan bahasannya dibuku lain..tapi ada beberapa paper yang menggunakan itu antara lain :

      Steven Appelbaum, et.a;, (2004) “Organizational citizenship behavior: a case study of culture, leadership and trust”, Management Decision, Vol. 42 Iss: 1, pp.13 – 40

      Khusus pengukuran budaya…ada beberapa yang bisa anda pertimbangkan :
      Hofstede, Geert. Cultures and Organizations: Software of the Mind: Intercultural Cooperation and Its Importance for Survival (ebook nya silahkan browsing…mudah2an beruntung)

      Denison, D., Mishra, A. (1995), “Towards a theory of organizational culture and effectiveness”, Organization Science, Vol. 6 No.2, pp.204-24.

      thanks

  4. mas,,aku kan sedang penelitian tentang budaya organisasi,,variabel yang aku teliti aku ambil dari robins,,tapi yang 10 karakteristik budaya organisasi… klo liat dari teori di atas yang dari robins kan ada 7 karakteristik,,,,
    klo aku ambil yang 10 karakteristik,apakah penelitiannya sah? terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: