TIPS SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI/TESIS (APA DAN BAGAIMANA ??)

Keterima gak ya Judulnya ??, gimana nih… Duh ..deg-deg an…

Kalimat yang paling sering diutarakan oleh mahasiswa yang akan maju seminar proposal. Hmm..


Proposal

Proposal dapat dikatakan sebagai rencana penelitian yang akan dilaksanakan. Karena baru berupa rencana maka proposal bisa diterima, diperbaiki, atau diganti. Sedangkan teknis sistematika proposal sendiri bisa berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Ada kampus yang menghendaki proposal penelitian memuat Bab I – III, ada juga kampus yang menghendaki sistematika proposal berbeda dengan sistematika skripsi/tesis sebenarnya (lebih ringkas).

Tapi umumnya, proposal penelitian harus memuat hal-hal pokok seperti latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, penelitian rujukan, kerangka teoritis dan kerangka pemikiran, hipotesis (jika ada), metodologi berupa desain, sampel, waktu dan tempat, teknik pengumpulan dan analisis data.

Mengapa harus membuat proposal ?

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto (2005:8) berpendapat seperti ini :

proposal penelitian merupakan sebuah rencana tertulis yang akan diikuti dengan kegiatan nyata. Proposal penelitian ini masih bersifat rancangan yang masih bisa berubah. Walaupun demikian, proposal atau usulan penelitian yang sudah mengandung isi sistematika peneltiian yang akan dilakukan sebagai cermin dari kualitas penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti (mahasiswa) bersangkutan”

Jadi..ketika seseorang sudah dapat menyusun proposal dengan baik..maka dapat dipastikan bahwa 50% penelitian sudah terselesaikan.

BEDA SIDANG PROPOSAL DENGAN SEMINAR PROPOSAL

Ada kampus yang menggunakan istilah sidang proposal dan ada yang menggunakan istilah seminar. Perbedaaannya adalah:

Pada setting Sidang. Umumnya dilakukan selama 45-90 menit. Mahasiwa biasanya berhadapan dengan 3 – 4 dosen (dua penguji dan dua pembimbing). Mahasiswa memaparkan proposal 10 – 15 menit. Pertanyaan setiap dosen penguji biasanya berkisar antara 10 – 15 menit. (hhhhhh…)

Pada Setting Seminar :

Pada setting seminar, mahasiswa yang akan mengajukan proposal dikumpulkan bersama-sama (6 – 10 orang). Setiap anggota seminar diperbolehkan bertanya. Dosen di sini ditempatkan sebagai moderator sekaligus penguji yang akan memberikan saran-saran perbaikan.

APA YANG AKAN DITANYAKAN PADA SAAT SIDANG/SEMINAR PROPOSAL

Ada beberapa poin masalah yang akan ditanyakan meliputi :

  1. Latar belakang masalah dan rumusan masalah
  2. Apakah permasalahan penelitian di dukung oleh teori (relevansi teori dengan masalah penelitian)
  3. Metodologi (sampel, objek, instrumen penelitian, teknik analisis)
  4. Pemaparan dan penguasaan materi proposal.

Bagian I

Pertanyaan yang biasanya diajukan :

  1. Alasan pemilihan judul ???
  2. Potret fenomena permasalahan yang berkembang dan apa pentingnya meneliti masalah ini ??
  3. dll…

Bagian 2

Karena penelitian ilmiah harus memuat kerangka teoritis, maka masalah relevansi teori dengan permasalahan yang diteliti akan mendapat perhatian.

Misal : penelitian tentang pengaruh kompensasi tehadap motivasi.

Paling tidak, teori yang dijadikan dasar antara lain teori motivasi, dilanjutkan dengan teori kompensasi, dan kerangka teori yang menjelaskan bahwa ada pengaruh antara kompensasi dan motivasi. Dapat dilengkapi juga dengan hasil penelitian sejenis.

Artinya, secara teoritis maupun bukti empiris menunjukkan permasalahan yang diajukan dalam penelitian secara teoritis telah terdukung. Karena didukung dengan teori, maka harus dijelaskan dengan lengkap pula kepustakaannya. Jangan sampai teori Mr. A tapi daftar pustakanya tidak sesuai. (hati-hati yang suka COPAS tanpa tau sumbernya dengan jelas…)

Bagian 3

Alamat perusahaannya dimana ?

Subjek penelitiannya siapa aja ??

Siapa yang dijadikan sampel dan jelaskan tentang alasan pemilihan teknik sampling ??

Jelaskan sumber data primer dan sekundernya ??

Sumber datanya darimana ??

Mengapa pake instrumen ini ??

Mengapa pake teknik analisis ini trus dapet rumusnya darimana ??

Pertanyaan-pertanyaan di atas kelihatannya sederhana tapi deteksi kebohongan dapat dilihat dari bagaimana mahasiswa menjelaskan pertanyaan yang diajukan tersebut.

Contoh berikut in memperlihatkan bagaimana kebohongan mengenai subjek penelitian dapat menyulitkan mahasiswa ketika ditanya

Penguji             : Alamat perusahaannya dimana ??

Mahasiswa        : di JL. Bla.bla.bla (sambil membaca proposal)

Penguji             : kamu udah dateng kesana ?? (mulai menyelidik..)

Mahasiswa        : mmmm…udah pak…(agak grogi)

Penguji             : mereka bersedia dijadikan subjek penelitian ???

Mahasiswa        : kayaknya bersedia..(grodi dikit).

Penguji             : apa yang menyebabkan mereka bersedia dijadikan subjek penelitian ??

Mahasiswa        : ……..mmm

Penguji             : keuntungan buat mereka apa ??

Mahasiswa        : ……..mmm

Intinya..sekali berbohong, maka akan cape’ sendiri untuk terus-terusan merangkai kebohongan untuk menutupi kebohongan di awal.

Coba kalo mahasiswa-nya benar-benar melakukan survey pendahuluan, akan mudah sekali dijawab seperti ini :

Penguji             : apa yang menyebabkan mereka bersedia dijadikan subjek penelitian ??

Mahasiswa        : saya sudah berkonsultasi dengan Staff HRD bahwa mereka bersedia membantu

Penguji             : keuntungan buat mereka apa ??

Mahasiswa        : saya kira banyak…berhasilnya penelitian ini akan memberikan semacam

gambaran atau referensi yang berguna bagi pihak perusahaan untuk

merumuskan kebijakan di masa depan (terkait dengan masalah yang diteliti….)

Bagian EMPAT

Ini dia yang paling penting. PENGUASAAN MATERI DAN PENAMPILAN KETIKA MEMAPARKAN…….

Gaya meyakinkan, tata bahasa, dan penguasaan materi merupakan kunci keberhasilan. Hal ini dapat dilakukan dengan sukses melalui latihan. Jadi sebelum sidang proposal, latihan presentasi adalah penting.

  1. Latih presentasi 2 – 3 kali sekaligus durasi waktu yang dibutuhkan
  2. Siapkan catatan-catatan penting dari setiap lembar presentasi. Hal ini untuk mempermudah ketika harus menjelaskan slide paparan yang lebih banyak menggunakan simbol atau gambar
  3. Siapkan catatan penting mengenai istilah-istilah statistik.
  4. Minimalkan penggunaan kalimat-kalimat yang panjang pada Slide paparan. Slide lebih bagus hanya berisi poin-poin penting, simbol atau gambar. Penguasaan materi akan diakui ketika kita mampu menjelaskannya dengan baik
  5. Jangan ada jeda. Siapkan kalimat-kalimat yang tepat pada peralihan dari lembar slide 1 ke seterusnya.
  6. dst

Kesimpulan akhir :

Karena proposal masih dimungkinkan untuk berubah maka terimalah saran-saran konstruktif dari penguji. Namun sebelum menerima saran tentu saja mahasiswa paling tidak mempertahankan proposalnya terlebih dahulu melalui argumentasi logis.

Thanks..semoga bermanfaat

Tulisan terkait :

  1. Bagaimana memulai penulisan proposal skripsi-tesis ? (bagian 1)
  2. Bagaimana menulis proposal skripsi-tesis (bagian 2)
Posted on March 8, 2010, in Tips Penelitian and tagged . Bookmark the permalink. 85 Comments.

  1. salam kenal,,
    saya mahasiswi manajemen informatika smstr 4 mau tanya, saya ingin membuat judul apakah sudah bener judul ttg ini : sistem informasi pemesanan sewa hotel / apakah bapak bisa menambhkan tentang judul saya ini?
    terimakasih sebelumnya

    • iya mbak meli..untuk tugas akhir informatika memang tujuannya langsung pembuatan sistem..jadi menurut saya judul yang mbak tulis itu sudah oke..

  2. thanks atas bahan bacaan yg bermanfaat ini. sukse selalu AMIN

  3. mau tanya pak, untuk pengambilan sampel yang jumlah populasinya tak terhingga itu menggunakan teknik apa ya? terus jumlah sampelnya minimal dan maksimal berapa ?
    terimakasih.

  4. pak saya mw nanya kira 2 seandainya dosen penguji nanya tentang rumus nya jawabannya gmna yapak

  5. selamat malam pak gini aq mw tanyak ap sich yang d maksud dengan ujian proposal itu dan tujuan survey awal penelitian itu ap ea pak?

    • ujian proposal untuk memutuskan apakah proposal riset anda diterima or tidak
      kalo survey awal itu digunakan untuk melakukan penyelidikan awal mengenai problem yang ada dilapangan sebagai bahan identifikasi masalah

  6. Pak saya mau seminar Proposal saya bingung apa yg mau di isi di slide klo kebanykan nanti takut dosenya bosen denger saya jelasin.

    klo di buat hiperlink gimna ya ?

    • latar belakang, rumusan, kerangka pikir, metode penelitian, dan jadwal penelitian
      biasa 10 – 15 menit..jadi usahakan paparan cuma sekitar 10-15 lembar

  7. Selamat siang mas, saya sebentar lagi akan seminar judul Tugas Akhir saya, judulnya Aplikasi pengolahan Data guru pada….. Biasanya yang d tanyakan sma dosen itu apa saja ya mas??.

    TQ..

  8. bentar lagi nieh aku mo seminar proposal mas….tentang pendidikn krakter melalui bk….kirakira hrs pke rumus yg mn ya?d tunggu jwbnnya

    thank`s

    • thanks..komentar dan kunjungannya…
      tidak ada rumus khusus…yang penting kuasai materi..dan pede dalam memaparkan proposal…
      semoga sukses seminarnya nanti…

  9. blognya sangat menarik mas

  10. terimakasih atas penjelasannya

  11. pak, saya mau tanya judul saya tentang pengaruh pelayanan teller tehadap kepuasan nasabah. pada saat saya ajukan judul ini. dosen ada tanya mengapa saya memilih judul ini. saya blg krna ingin mengetahui apakah nasabah puas dgn pelayanan saya atau tidak. dan saya ingin tau tdk puasny di mn. trkdg saya prnh mndpt komplainan krna nsbh ingn menukar uang kecil di bank tdk ada, krna uang kecil sdh agak ssh di dptkn, dan trkadang nasabah merasa jenuh saat antri di bank.

    setelah itu dosen tanya saya apakah perumusan mslh kamu sudah di buat atau blm? dan saya tdk mengerti mslh yg di mksd pak

    sebelumny saya ucapkan terima ksh :)

  12. aku masih SMK tapi aku minat buat ngelanjutin kuliah,hehe nah tp aku masih ragu nih.. sebenarnya bkin skripsi itu susah ga sih? aku minta penjelasanya ya pa biar ga ragu buat ngelanjutin :) makasiiiiii :D

  13. pak sy mu sharing ttng jdul skripsi sy,,
    “improving student’s reading comprehension to e learning program”
    nah sy bngung e learning program nya itu mksd ny apa yah,,,

  14. Katmining, S.Pd.,M.Pd.

    terima kasih ya atas layanannya ini sangat bermanfaat membantu saya

  15. okey,,, terimakasi infonya

  16. maaf mau tanya rencna saya mau menyusun skripsi judulnya analisis penerapan metode activity based costing system dalam penentuan harga pokok kamar hotel.yg ingin saya tanyakan apakah judul ini susah nanti nya lalu apa kelebihan dan kekurangan dari judul ini.karena sanya rencana nya mau pakai judul ini.mohon bantuannya

  17. Sy mahasiswa yg sbntr lagi mw hadapi seminar proposal Pak. . . Sy msh smntara susun proposal, saat konsul ke Pembimbing_ Bliau blg Judul penelitian Sy sdh basi. Judul nya “Improving the student’s speaking ability through describing pictures”. Trus Bliau tanya, apa yg unik dri penelitian anda at apa kelebihannya dr penelitian sblmnya ? Mengingat judul anda ini sdh trllu basi (sdh banyak yg pake sblm nya). Sy harus jawab apa Pak ? Mohon bantuan nya. Trmksh !

    • saran saya..ya cari judul lain mbak..(jika anda tidak bisa menjelaskan keunikan dari penelitian anda dibandingkan sebelumnya)..atau..coba cek lagi penelitian sebelumnya..temukan gap or kelemahan penelitian sebelumnya yang dapat anda perbaiki pada penelitian ini..

  18. pak saya mau bertanya bagaimana cara kita membuat kerangka teori dalam proposal kendala saya disitu,susah untuk mendapatkan menurut …… sedangkan judul saya sistem pelaporan kecelakaan kerja pada karyawan.mksh

  19. mas saya mau bertanya. sebentar lagi saya mau seminar, saya masih bingung harus jawab apa kalau seandainya penguji ada yang bertanya “apa kelebihan judul yang anda buat dibanding dengan penelitian sebelumnya?” saya mengangkat judul sistem informasi transaksi penjualan dan pembelian unggas pada rumah industri. program yang saya buat menurut saya sangat sederhana dibanding yang lain. mohon masukannya, trims

  20. Mas bleh tau gak, aku mahasiswa awal, cuma mau tau, kalo judul aku “pemanfaatan layanan perpustakaan mobil keliling dalam meningkatkana minat baca masyarakat desa talawaan” kira-kira itu berapa variabel ya? makasih seblumnya mas.

  21. salam kenal
    saya mau tanya kalo teknik penarikan sampel dengan strata dan masyarakat yang pas pake teknik sampel apa?
    terus apa bedanya metode penelitian survey dengan sensus

    • proporsional stratied random sampling…
      survey itu mengambil sebagian (sebagai sampel) dari populasi..sedangkan sensus menggunakan seluruh populasi sebagai sampel…

      • jika teknik pengambilan sampel dri pegawai kecmatan,pegawai upt, bidan desa dan para kader itu pake tknik sampel apa?
        perbedaan pengaruh dan hubungan dalam judul itu apa??metode penelitian yg dipake apa saja serta rumus nya???

        • teknik pengambilan sampelnya disesuaikan dengan tujuan penelitian…
          Pengaruh itu hubungan kausal (sebab akibat)..sedangkan hubungan (korelasi) tidak bersifat kausal..
          untuk metode..silahkan mas or mbak koleksi buku metode penelitian..untuk memperoleh info yang lebih lengkap..
          thanks

  22. putri junjung sari

    Salam…
    saya puput, saya lagi dalam program skripsi..
    saya sedikit bingung untuk menentukan penarikan sample, judul saya adalah perkembangan usaha kecil dan menengah berbahan baku kedelai di kota banjarbaru. saya ingin menggunakan metode proportionated stratified random sampling, yang artinya sebelumnya kita harus menstratakan terlebih dahulu, kemudian dari setiap strata saya dapatkan, 3 kelompok yaitu : tahu, tempe dan susu kedelai. lalu dari masing-masing kelompok saya ambil 30 % sebagai sample saya. apakah itu benar ? kalau benar, tolong berikan saya alasan beserta referensi yang benar dan tepat agar dapat meyakinkan dosen pembimbing saya, pada saat saya konsul tentang metode penarikan contoh ini.
    trim’s…

  23. bisa minta pendapatnya, saya sedang mengajukan riset di perusahaan untuk pembuatan skripsi, tapi perusahaan tersebut meminta saya mengajukan proposalnya. Apakah bapak tau isi proposalnya apa saja? trims

    • umumnya, poin2 yang mesti ada :
      1. Tujuan umum study
      2. Masalah spesifik yang diteliti
      3. Rincian prosedur yang akan dilaksanakan
      4. Desain penelitian (termasuk desain pengambilan sampel, pengumpulan data, dan analisis data)
      5. waktu pelaksanaan
      6. anggaran (jika ada..)

      • mas saya ngajukan riset peniliti di perusahaan, tp mereka minta saya harus sharing visi dan misi tentang perusahaan jasa konsultasi IT, pengadaan barang dan jasa tsb dan proposal dahulu kalo isi proposal contonya gimana ya ? saya jurusan akuntansi muhammadiyah palembang

  24. thank u yaaaa…
    jd dpt gambaran nih coz saya lg di hadapi dgn pembuatan laporan KP.
    semoga saja sampai sidang berjalan lancar

  25. sy sangat tertarik dlm tulisan ini utk menabah reperansi dan utk d baca thanks

  26. terimakasih , semoga sehat selalu………

  27. blog yang sangat bagus…Terimakasih banyak mas, sangat berguna bagi saya mahasiswa tingkat akhir…sukses terus ya mas,,,,

  28. besok saya seminar…stie graha kirana medan jur menejeman…buat teman fb twitter @sandypard

  29. Anugrah Setiawan

    Semoga Seminar Saya sukses dengan metode yang bapak buat trim’s..!

  30. makasih mas.. udah membagi ilmunya..

  31. maaf, saya mau tanya,, kalo bedanya penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan gimana ya??
    mhon bantuannya
    makasih

    • penelitian kepustakaan metode pengumpulan datanya dilakukan melalui studi pustaka dengan mempelajari litelature dan berbagai hasil penelitian sebelumnya..jika studi lapangan…peneliti langsung melakukan observasi ke lapangan…

  32. makasih infonya masbro,ini sangat bermanfaat buat saya.
    minggu depan saya seminar proposal n mudah2n berjalan lancar..Amiiiin..

  33. I like it…
    membanti.
    makasih banyak bro..
    besok aku seminar nih, mudah2an lancar
    .

  34. makasih ya ats info nya..
    semoga seminar sya lncar dan sukses..
    Aamiinnn..

  35. thanks informasi yah,,,lgi grogi nc besok mw seminar proposal amien semoga lancar,,,

  36. terima kasih yaa. Bismillah

  37. Terima kasih atas infonya, doakan saya smoga Bsok lancar dalam menghadapi ujian tesis. Amin.

  38. indah muryani

    maksih infonya , do’akan bsok sya bisa menjawab semua pertanyaan dosen

  39. Alfrits hendra

    makasih untuk tipsnya yah,,,

  40. makasih ya buat tipsnya, bentar lg ane jg bersiap buat seminar proposal skripsi.

  41. ts so much pak..

  42. makasih ya atas infonya… :)

  43. terimakasihinfonya pak, sangat bermanfaat.

  44. bro ada penjelasan tentang contants analisis ga?
    bagi bigi dong

Leave a Reply

