APLIKASI ANALISIS FAKTOR DENGAN SPSS VERSI 15.0 BAGIAN 1

UJI VALIDITAS FAKTOR

A. PENDAHULUAN

Analisis factor merupakan salah satu teknik statistic multivariate. Tujuannya adalah untuk mengelompokkan data menjadi beberapa kelompok sesuai dengan saling korelasi antar variabel. Pada aplikasi penelitian, analisis factor dapat digunakan untuk mengetahui pengelompokan individu sesuai dengan karakteristiknya, maupun untuk menguji validitas konstruk.

Dalam analisis factor, tidak ada variabel dependen dan independen. Proses analisis factor sendiri mencoba menemukan hubungan (interrelationship) antar sejumlah variabel-variabel yang saling dependen dengan yang lain, sehingga bisa dibuat satu atau beberapa kumpulan variabel yang lebih sedikit dari jumlah awal.

Contohnya. Ada 8 variabel yang bersifat independen satu dengan yang lain. Dengan analisis factor, 8 variabel tersebut mungkin bisa diringkas menjadi 3 kumpulan variabel baru (new set of variables). Kumpulan variabel tersebut disebut dengan factor, dimana factor tetap mencerminkan variabel-variabel aslinya.

Dalam kegiatan penelitian, analisis factor paling tidak digunakan untuk :

  1. Menguji Validitas Konstruk. Salah satu cara untuk menguji validitas konstruk dapat dilakukan dengan menggunakan analisis factor. Analisis factor akan menampilkan hasil ekstaksi butir-butir pertanyaan menjadi beberapa komponen yang diinginkan peneliti. Prinsip yang digunakan sama yaitu mengelompokkan data berdasarkan interkorelasi antar butir. Sebuah butir / item dinyatakan merupakan pembentuk factor jika nilai korelasinya lebih besar sama dengan (>=) 0,5.
  2. Menguji Validitas Faktor. Dalam analisis ini, pengujian dilakukan untuk melihat seberapa besar korelasi antara factor satu dengan yang lain yang menjadi pembentuk variabel. Jika ditemukan korelasi yang cukup kuat diantara factor-faktor pembentuk maka factor tersebut dinyatakan memang sebagai pembentuk variabel. Besarnya matrik korelasi yang lazim digunakan adalah 0,5

Dalam SEM, analisis factor konfirmatory (CFA) ditujukan untuk menguji validitas dan reliabilitas. Atau lebih tepatnya adalah untu menguji konsep teori, atau konstruk, atau laten variabel, yang tidak dapat diobservasi langsung.

Dengan demikian, menurut Kusnendi (2008:98), tujuan utama dari CFA adalah untuk mengkonfirmasikan model, yaitu model pengukuran yang perumusannya berasal dari teori. Sesuai dengan itu, maka permasalahan penelitian dalam kerangka CFA paling tidak akan membahas antara lain :

  1. Apakah indicator-indikator yang dikonsepsikan secara unidimensional, tepat, dan konsistenn dapat menjelaskan konstruk yang diteliti
  2. Indikator-indikator apa yang dominan membentuk konstruk yang diteliti. (pembahasan lebih lanjut mengenai CFA akan dibahas kemudian).

B. STUDI KASUS UJI VALIDITAS FAKTOR

Dari pada bingung dengan berbagai definisi di atas, berikut ini akan ditampilkan contoh aplikasi analisis factor.

Kasus 1.

Variabel yang diuji adalah kepemimpinan transformasional. Konstruk kepemimpinan ini dibentuk dari 5 indikator yaitu Attributed charisma (karisma), Idealized influence (pengaruh ideal), Inspirational motivation (motivasi dan menginspirasi), Intelectual stimulation (stimulasi intelektual), dan Individualized consideration (perhatian terhadap individu).

Sampel berjumlah 101, dan instrument pengumpul data adalah angket terbuka.

Data dapat didownload di sini

Penyelesaian Kasus

Cara melakukan analisis factor adalah :

  1. Buka file baru pada SPSS
  2. Klik Analyze > Dat Reduction > Factor
  3. Setelah muncul kotak factor analysis, masukkan seluruh faktor ke dalam kotak “VARIABLES” yang ada disebelah kanan.

4. Klik DESKRIPTIVES yang ada disebelah kiri bawah kotak dialog.

5. Pilih dengan menandai KMO and Bartlett’s Test of Sphericity serta Anti Image. Kemudian Klik Continue.

6. Klik OK. Output Lengkap dapat didownload di sini

C. INTREPRETASI HASIL

Kutipan :

Kusnendi. 2008. Model Model Persamaan Struktural. Bandung : Alfabeta

Next. Analisis faktor UJI VALIDITAS KONSTRUK

About these ads

Posted on March 22, 2010, in Analisis Faktor, TUTORIAL STATISTIK and tagged . Bookmark the permalink. 105 Comments.

  1. selmat malam pak, saya mau tanya. saya sedang mengerjakan skripsi, ketika uji validitas menggunakan KMO, stelah dicompute dlm spps, KMO dan anti image nya tidak keluar pak. dengan jumlah responden untuk pre test sebanyak 40 responden. itu bagaimana ya pak? mohon bantuannya. terima kasih :)

  2. pak saya juga menemui masalah kmo dan anti image tidak keluar untuk variabel di atas 20 tetapi lancar jika sebaliknya, mhn bantuan ny, trima kasih

  3. Selamat malam pak, saya mau tanya.
    Saya sedang dalam tahap pengerjaan skripsi, mohon bantuan untuk jenis analisa data untuk judul saya “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kekerasan Pada Remaja”. saya menggunakan skala likert dan faktor-faktor yang ingin saya uji menggunakan skala nominal sebanyak 5 faktor, dan ordinal 1 faktor.
    Menurut bapak,jenis analisa data apa yang harus saya gunakan?
    mohon penjelasannya pak, karena ilmu statistik saya memang masih sangat minim. Terima kasih sebelumnya…

  4. Selamat malam pak.
    mau tanya pak,kalau analisa faktor,bagaimana cara pengerucutan data kelompok di spss yg berbeda – beda variabel.
    terima kasih.
    mohon di balas ke email mderytri@yahoo.com

  5. Dear Pak Hendry,
    Saya sedang mengolah data untuk analisis faktor, variabel saya berjumlah 20. Saya mengolah data dengan SPSS 16. Yang jadi pertanyaan saya, mengapa tidak muncul KMO nya pada saat saya masukkan semua variabel saya? Sementara kalau saya memasukkan 5 variabel saja maka KMO nya muncul. Mohon Bantuannya.

    Makasih

    Adi Permadi
    permadi2008@gmail.com

  6. selamat mlm pak,izin bertanya mengenai analisis dengan menggunakan one way ANOVA, bagaimana caranya pak untuk mendapatkan nilai F hitung dengan nilai df1 4 dan df 2 nya 5. pertanyaan saya yang kedua, dapatkah 2 variabel dikorelasikan sementara 1 variabel itu pertumbuhannya (jumlahnya cenderung konstan pak). terimakasi pak. dimohon kesediannya untuk memberikan tanggapan. terimakasih.
    wassalam

  7. selamat pagi pa,
    aya sedang membuat skripsi mengenai motivasi belajar bahasa pada murid sebuat SMP di Indonesia. Dalam kuesioner saya terdapat 20 pertanyaan mengenai motivasi belajar murid itu sendiri, 10 pertanyaan mengenai sikap murid terhadap tugas2 yang diberikan, 10 pertanyaan tentang pengaruh guru dan buku materi yg digunakan, serta 10 pertanyaan ttg harapan dari belajar bahasa mandarin.

    Saya telah menggunakan uji validitas konstruk untuk membagi faktor2 tersebut. Namun, saat saya ingin menganalisis lebih lanjut menggunakan one way anova atau menghitung deskriptif dari kelompok baru yang dibentuk, hasil mean menjadi minus.

    Apakah ada kesalahan dari analisis yang saya lakukan?

    Ini adalah kali pertama saya menggunakan SPSS untuk meneliti, dan saya mempelajarinya secara otodidak. Maaf jika ada kata-kata yang salah atau tidak berkenan.

    Terima kasih.

  8. Permisi pak saat ini saya sedang mengerjakan skripsi yang berjudul “Analisis faktor risiko penyebab perubahan printah yang mempengaruhi kinerja waktu”
    berikut detailnya:
    1. Jumlah sampel N = 38
    2. Jumlah variabel 50 ( 27 faktor internal + 23 faktor eksternal)
    3. Y sebagai kinerja waktu dan X1,X2,X3,… X50 sebagai faktor pengaruhnya
    berikut pertanyaannya mohon di jawab:
    1. perlu uji apa saja sebelum memasuki analisis faktor? Dospem saya menyarankan menggunakan korelasi pearson dengan r minimum 0.3202
    2. perlukan melakukan uji normalitas dalam analisis faktor? saya sudah mencoba tetapi yang normal tidak lebih dari 3 variabel

    mohon bantuannya pak, trimakasih

    kalau bapak berkenan mohon di jawab di Peter.steve1990@yahoo.co.id

  9. selamat sore pak, saya mau tanya. Pada analisis faktor, pengelompokkan variabel pada faktor tertentu itu berdasarkan apa? dan sebenarnya apa sih yang menyebabkan korelasi beberapa variabel rendah pada uji MSA? Apakah disebabkan oleh jawaban pada kuisioner yang tidak mengelompok? terima kasih, mohon balasannya

  10. aswrwb.
    saya sedang mengerjakan skripsi dgn judul faktor2 yang mempengaruhi kesulitan belajar ekonomi. faktor yang akan dianalisia ada 15 faktor dgn angket variasi item 2-5 soal, yang ingin saya tanyakan :
    1. untuk uji validitas instrument, apakah saya menggunakan uji validitas correlate bivariate atau langsung menggunakan uji analisis fator?
    2. jika nilai kmo kurang dari 0.6 (mis: 0.568), penyebabnya apakah karena instrumen yg tidak valid atau bagaimana? lalu apakah saya harus uji ulang instrument tsb?
    3. lalu apakah ada cara agar nilai kmo mencapai 0,6?

    mohon jawaban bapak,
    saya menunggu jawaban bapak, sekiranya saya bisa menuntaskan skripsi saya bulan desember. terima kasih banyak.
    wassalam.

    dina140690@gmail.com

    • sudah saya balas ke email..thanks

      • selamat malam pak,

        saya sdg mengerjakan skripsi dg permasalahan sama dengan mb taeminumma di atas. judul skripsi saya adalah pengaruh personality manajer dg pendekatan traits theory thd manajmn kas, dg menggunakan 5 variabel bebas yg masing2 variabel memuat antara 5-12 kues.
        1. manakah yg saya ggunakan, uji validitas correlate bivariate atau menggunakan uji analisis factor?
        2. saya sudah mencoba dg 2 cara itu, dg hasil ada yg valid tp tidak reliabel atau nilai kmo kurang dari 0.5 atau sig lebih dari .000. lalu apakah saya harus uji ulang instrument ?
        3. apakah ada cara agar valid dan reliabel atau nilai kmo mencapai 0,5?

        mohon saran dan jawaban bapak agar skripsi saya dpt terselesaikan bulan ini. mohon dikirim via email. trimakasih.

  11. Saya Jon Hendri Pak..
    Mau Nanya Pak..

    Penelitian saya Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku yg dipersepsikan thd Perilaku konsumen Produk Air Kemasan SERIA dengan Minat sebagai Intervening Variabel. Saya ingin menggunakan SPSS untuk analisis data tersebut… apa hal tersebut dimungkinkan atau gimana sebaiknya,,, mhn penjelasan. tks

    • Menurut saya…lebih baik menggunakan LISREL daripada SPSS untuk model seperti itu…
      Sebabnya…LISREL langsung memberikan estimasi indirect effect beserta signifikansinya..

  12. tq bp mohon informasi cara uji validitas konstruk selain pearson product moment

  13. siank bapak….
    langkah-langkah analisis komponen utama dg spss 16.0 gmna ya caranyaa???
    mohon bantuannya,,,,
    terimakasih sebelumnya :)

  14. kak, klw uji keacenderungan dalam spss apa namanya ? proses pengerjaannya gmana ?maksih

  15. mohon maaf pak, apakah item pernyataan yang membentuk konstruk bisa dijadikan indikator? kalau iya, bagaimana jika ada indikator yg tidak valid? apa bisa dihilangkan saja. trims

  16. Slamat mlm pak, saya mau tanya bagaimana cara melakukan uji cfa untuk factor rotation antara 3 variabel independt dgn 1 variabel dependt.

  17. assalamualaikum, maaf pak, mau tanya pak,
    penelitian saya yaitu potensi dayung kayak di krawang. yang mau saya lihat ada tiga variabel yaitu, kekuatan otot lengan, daya tahan aerobik dan tinggi badan terhadap prestasi dayung kayak. mohon petunjuk rumus dan metodologi serta langkah-langkah penelitian yang saya gunakan karna pembimbing saya minta berupa analisis faktor. terimakasih pak.wassalam..

  18. pak, mau tanya..
    saya masih bingung dengan validitas konstruk..
    apakah cuma diliat nilai MSA-nya yg lebih dari 0.5 itu berarti item pertanyaannya valid?
    ato sampai ke nilai loading-nya?
    makasih..

  19. ass..bapak..sy lgi skripsi ttg faktor yg mempengaruhi kredit macet. yg mw sy tanykn rumus mna yg lbih mudah linear logistk atw linear berganda?

  20. maaf ingin menanyakan apakah analisis faktor dengan factor loading itu sama?
    selanjutnya apakah faktor loading itu dan bagaimana standar dan analisisnya
    terima kasih

    • pertanyaannya sama denga apakah ada perbedaan regresi dengan koefisien regresi…
      analisis faktor itu nama tekniknya…loading factor itu nilainya yang menunjukkan kemampuan faktor menjelaskan konstruknya…(atau dapat juga dinyatakan sebagai validitas)

  21. pak saya mau tanya………judul penelitian saya analisis faktor2 yang mempengaruhi harga saham…….variabel2 yg saya gunakan ad 12 variabel yg terdiri dr rasio2 keuangan dengan satuan2 yang berbeda2. satuannya seperti persen (%), kali (X), dan rupiah, dan diuji dgn CFA menggnkan SPSS…….yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. apakah variabel2 trsbut perlu dilakukan proses stndarisasi karena satuannya berbeda2………….?????
    2. saat memasukkan data di variabel view (Spss), misalnya V1=50%, V2=0.8X. dan V3= 3000rupiah………..apakah saya harus memasukkan angka tersebut di variabel viewnya 50; 0,8; dan 3000………..????? atau 50% tersebut hrs diubah mnjd 0,5????????
    trims pak sblmnya…..saya sgt mghrpkan jwb bpak………^^

  22. Saya ingin meneliti mengenai “pengaruh locus of control (internal dan eksternal) terhadap komitmen organisasional (affective, continuance, dan normative)”.
    Saya ingin bertanya:
    1. makna locus of control internal dan eksternal ini berlawanan, apakah harus ada inverse nilai bobot (recode)? manakah yg lbh cocok utk skor total locus of control, semakin tinggi akan semakin internal atau eksternal ya?
    2. dimensi komitmen organisasional (affective, continuance, dan normative) apakah harus ada yang diinverse?
    3. apa bedanya KMO dan SEM? saya lebih cocok pakai yg mana?
    4. apakah utk uji korelasi lbh cocok menggunakan KMO/SEM/Pearson? Cara melihat korelasinya bagaimana?
    4. tolong beri saran jika saya ingin membuat penelitian ini kedalam pokok permasalahan, tujuan penelitian, dan hipotesis turunan masing-masing dimensi!

    Tolong kirim balasan ke email saya jika berkenan.

    Terima kasih banyak atas penerangannya.

    Salam,
    Shopie
    cheryyuandari@gmail.com

  23. meiyanti widyaningrum

    aswrwb, mhn mf pak. mhn bantuannya. sys sedang menulis tentang analisis komparatif kesadaran muzakki………alat analisis mana yang lebih tepat, regresi Linier berganda ataukah analisis faktor. makasih atas jwbannya. wasalah,

    • wa’alaikumslm..
      pemilihan teknik pada uji komparatif..disesuaikan dengan desain sampel dan tipe datanya. Jadi saya tidak bisa menjawab mana teknik yang sesuai. Yang pasti bukan regresi maupun analisis faktor…
      bisa one-sample t test, paired t test, ind t test, anova, or pendekatan nonparametrik…
      salam

  24. pak saya mau tanya, judul skripsi saya analisis faktor-faktor yang menentukan kebijakan pembiayaan dan dampaknya terhadap pembiayaan bermasalah
    instrumen yang harus digunakan apa saja???? thnk…..

  25. ass..saya membuat tesis dengan SEM teknik maksimum likelihood software Lisrel,saya bingung menentukan sampel dari populasi 236.yang ingin saya tanyakann berapa sampel yang pas untuk teknik ini dengan populasi 236 tsb dan bolehkah indikator dan item dihilangkan krn stlah di uji instrumen ternyata tdk valid,apakah tdk berpengaruh thd normalitasnya…

  26. Assalam

    Ingin bertanya mengenai CFA. Apabila saya akan melakukan penelitian mengenai pengaruh manajemen puncak (top management) dalam kesuksesan perusahaan. Variabelnya adalah :
    1. Komitmen terhadap perusahaan
    2. Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
    3. Kemampuan komunikasi yang baik
    Untuk melakukan pengukuran terhadap variabel tersebut, tentunya sulit apabila menggunakan skala Likert, karena kita berhadapan dengan pengukuran terhadap suatu yang tidak bisa diukur (measuring the unmeasurable). Untuk itu, maka dibuatkan sub variabel kembali untuk tiap point menjadi :
    1.Komitmen terhadap perusahaan
    1.1 Seberapa sering pimpinan mengadakan rapat (misalkan 5x sebulan : point 5 dst)
    1.2 Seberapa sering melakukan perbaikan organisasi (misalkan 2x setahun : point 2)
    2…
    2.1
    2.2

    Bagaimana untuk melakukan pengujian dari penelitian tersebut? mohon pencerahaannya. Apabila berkenan, via email juga silahkan untuk lebih lengkap dalam menjelaskan.

    Terimakasih

    Salam
    Eko

  27. maaf, tapi kalau boleh, apa saja aplikasi analisa faktor di dunia nyata? selain pengertian dan fungsi yang sudah disebutkan di atas?

    • Semua metode ilmiah itu adanya didunia nyata mas…
      Kalo analisis faktor…bisa digunakan untuk menyeleksi faktor apa aja yang menjadi pembentuk kualitas pelayanan, faktor pembentuk kepuasan kerja, dst…
      thanks

  28. Elvipson Sinaga

    Thx atas analisis faktor yang sudah dijelaskan dengan baik……
    artikel ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tesis…..

  29. Ghina Rizqiyani

    terima kasih sebelumnya, artikel mengenai analisis faktornya sangat bermanfaat. Namun saya memiliki pertanyaan, hasil analisis faktor saya menunjukkan nilai KMO sebesar 0.579, Bartlett Test of sphericity sebesar 70.815, dgn sig 0.000 serta terdapat 2 indikator dengan anti image correlation dengan nilai dibawah 0.5.
    Dengan demikian, apakah 2 indikator saya tersebut masih dapat di katakan valid?

    Adapun sample size yang saya gunakan sebesar 33 responden. Terima kasih banyak pak

  30. malam pak, saya sedang menyusun tesis dengan judul faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan perda KIP. dalam hal ini saya menggunakan teori dari edwards III -> komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. menurut edwards komunikasi dan struktur birokrasi bisa langsung mempengaruhi implementasi kebijakan sementara sumber daya dan disposisi tidak dengan kata lain keduanya bergantung dengan ada atau tidaknya faktor komunikasi dan struktur birokrasi. untuk hal ini saya harus menggunakan rumus apa. apalah regresi linear berganda atau path analisis??? mohon arahannya pa, terima kasih

  31. Selamat malam pak, maaf sebelumnya saya seorang mahasiswi yang sedang melakukan tugas akhir mengenai analisis faktor-faktor minat konsumen dan saya mengambil bauran pemasaran (4P) sebagai variabelnya dan menggunakan analisis faktor. yang saya mau tanya kan saya tidak bisa melakukan rotation factor karna dari 4 faktor setelah melakukan analisis faktor dg spss hanya tersisa 1 faktor apakah memang bisa terjadi seperti itu? atau ada kesalahan? kira2 di mana yah kesalahannya? terimakasih.

  32. pak, saya mau tanya….
    saya baru mau membuat skrpsi dan dosen saya menyuruh untuk memakai analisis faktor. Terdapat 3 variabael yang akan saya teliti (karakteristik merek, tingkat harga, & daya tarik iklan) yg akan mempengaruhi keputusan pembelian. Yg mau saya tanyakan:
    1 apakah jika saya memakai regresi/korelasi untuk pnelitian saya tsb…??
    2 dalam skrpsi yg nantinya akan saya buat tidak ada hipotesis dan rumusan masalah..??
    3 teknik analisis apa saja yg harus saya lakukan untuk mengolah data yang akan saya lakukan..??

    jika bpk berkenan melalui email saja… thx… salam…

  33. pak saya sedang mencoba bwt proposal….kira2 judulnya kaya gini “fktor -faktor nasabah memilih asuransi jiwa” studi kasusnya seluruh asuransi jiwa…..sedangkan yang digunakan sebagai indikator adalah sembilan elemen pemasaran……menurut bapak alat apa yang harus saya gunakan dan apakah indikator saya sudah tepat…trims

  34. Yth. Pengasuh Teori On line
    Mohon pencerahan. Kami punya variabel Pembinaan wawasan kebangsaan; definisi operasionalnya usaha, tindakan, dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus untuk menghasilkan rasa, paham, dan semangat kebangsaan. Dalam penjelasan yang lain disebutkan pembinaan berkaitan dengan kebijakan, tujuan, strategi, metode, subjek, objek, dan upaya. Memperhatikan batasan tersebut, apa ya indikator pembinaan wawasan kebangsaan itu Kak?

  35. kalau data mengenai kadar debu lebih baik pakai uji apa ya buat analisisnya?

  36. Assalamu Alaikum. Salam kenal bapak. Maaf mengganggu. Bapak sy ingin bertanya. Sy ingin melakukan penelitian tentang analisis faktor faktor yg mempengaruhi mahasiswa memilih konsentrasi manajemen pemasaran.. Kebetulan penelitian ini sudah dilakukan oleh senior sy. Apakah sy bisa melanjutkan penelitian tersebut? Dan bagaimana caranya? Terima kasih

  37. pak, saya sedang mencoba menulis tesis tentang perdagangan internasional dengan model grafitasi, dengan persamaan ln Xij = lnYi+lnYj+lnHi+lnHj+lnei+lnej+RTA (dummy). data yang digunakan adalah data panel selama 10 tahun dengan 6 komoditi. salah satu variabel independen adalah dummy ( keikutsertaan dalam free trade area).
    saya harapkan bantuan bapak kalo step by step pengolahan data dengan kasus demikian (logaritma,oanel dan dummy) dengan software SPSS. terima kasih atas attensinya pak.

  38. slamat siang pak….
    saya ingin bertanya analisis apa sajakah yang dapat saya buat untuk menganalisa data berikut:
    Sex Usia Berat Gol Darah
    Badan
    1 31 80 1
    2 29 54 1
    2 27 52 2
    2 28 66 1
    2 26 47 2
    2 35 75 1
    2 24 46 1
    2 25 45 2
    2 33 58 3
    1 28 68 1
    1 25 75 3
    1 35 75 3
    1 25 99 3
    1 27 77 2
    1 28 110 2
    1 30 73 1
    1 31 105 1
    1 26 67 3
    2 30 55 3
    2 27 60 2
    1 25 75 1
    1 26 72 1
    1 25 58 3
    1 29 51 3
    1 28 71 1

    Berapa analisis yang bisa dibuat dengan menggunakan SPSS
    tolong langkah pengerjaannya step by step di jelaskan ya pak
    tq

  39. Pak, saya sedang menyusun tugas akhir. Judul tugas akhir saya Faktor-faktor yang Mempengaruhi Likuiditas Perbankan Syariah di Indonesia. Variabel yang saya gunakan Dana Pihak Ketiga (DPK), ketersediaan aset yang siap dikonversikan menjadi kas, akses pasar antarbank dan sumber dana lainnya termasuk Lender of The Last Resort (LOLR) dari Bank Indonesia, pembiayaan, risiko pembiayaan (NPF), profitabilitas (ROA), tingkat suku bunga (BI Rate) dan Gross Domestic Product (GDP).
    Yang ingin saya tanyakan, apakah saya perlu pakai analisis faktor dulu sebelum regresi? atau langsung pakai regresi aja?
    Terima kasih

  40. layin natus surul

    Bapak, saya sedang skripsi mengenai faktor-faktor yang pengaruh persepsi dan dampak terhadap minat kunjungan wisatawan. yang masing masing variable memiliki indikator . bapak kira -kira cara analisis apa saja yang bisa saya gunakan didalamnya. Mohon sarannya. Terimakasih

  41. Bapak, saya sedang skripsi mengenai pengaruh persepsi terhadap sikap. dan pengaruh di ukur melalui 3 item penilaian. dosen pembimbing saya menyarankan saya menggunakan analisis faktor. padahal persepsi nya tidak menjadi X1, X2 atau X3 melainkan tetap hanya X1 saja yaitu persepsi. Mohon sarannya. Terimakasih

  42. Terima kasih..artikel anda sangat membantu

  43. Thanks, smoga karya/tulisan semakin berguna bagi banyak orang, skli lagi thanks

  44. pak,mau tanya.. judul skripsi saya, analisis faktor-faktor (ukuran KAP,financial distress,opini audit,pergantian manajemen) yang mempengaruhi perusahaan manufaktur dalam melakukan auditor switching. Tahun penelitiannya 2008,2009,2010. Uji statistik,spss apa yang harus dipakai?

  45. Saya memakai tulisan bapak ini sebagai sumber untuk UAS saya, Terima kasih sekali atas ilmu yg udah di bagi.

    Lanjutannya saya tunggu ^^

  46. Terima kasih, untuk pencerahan. Salam Sudjono

  47. thanks telah berbagi,…lebih banyak contoh dan interpretasi ya.. buat bantuin menganalisis perusahaan jasa. nuwun..

  48. artikel nya sangat menarik bang,,cuman analisanya bisa dipermudah lagi
    heheh

  49. matur nuwun…sangat amat bermanfaat, klo bisa ditambahkan skema hubungan antar variabelnya

  50. Terima kasih..ada tambahan ilmu..

    • semoga bermanfaat..yang ini ada datanya ..jadi sekalian bisa dipraktekkan langsung…

      • Bapak, saya ingin bertanya tentang SPSS dan AMOS, aakah bolehkah saya bertanya?? Saya sedang menyusun skripsi dengan judul: Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Perum Pegadaian,, Variabel yang digunakan: Bukti Fisik(X1), kehandalan(X2), jaminan(X3), daya tanggap(X4), empati(X5), kualitas pelayanan(X6), dan kepuasan nasabah(Y) . Saya menggunakan Uji Validitas dengan cara Confirmantory Factor Analysis, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Amos..
        Saya telah mengikuti langkah-langkah dari bapak tapi pas saya ajukan ke dosen saya ternyata itu bukan langkah-langkah uji validitas confirmantory, itu hasil dari exploratory, saya ingin tau langkah yang sebenarnya untuk confirmantory dengan SPSS.. Saya mengalami kendala dengan data saya, data saya tidak normal, sampel yang diajukan sebanyak 397 nasabah..
        Apakah bapak berkenan mengajari saya??
        saya ingin mengetahui langkah-langkah Uji Validitas dengan cara Confirmantory Factor Analysis beserta analisis y,,
        Lalu bagaimana dengan data saya yang tidak normal??
        Harus diapakan data saya tersebut?

        Terima Kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: