metode penilaian kinerja

Terdapat beberapa metode dalam mengukur prestasi kerja, sebagaimana diungkapkan oleh Gomes (2003), yaitu :

1)         Metode Tradisional. Metode ini merupakan metode tertua dan paling sederhana untuk menilai prestasi kerja dan diterapkan secara tidak sistematis maupun sistematis. Yang termasuk kedalam metode tradisional adalah : rating scale, employee comparation, check list, free form essay, dan critical incident.

a)      Rating scale. Metode ini merupakan metode penilaian yang paling tua dan banyak digunakan, dimana penilaian yang dilakukan oleh atasan atau supervisor untuk mengukur karakteristik, misalnya mengenai inisitaif, ketergantungan, kematangan, dan kontribusinya terhadap tujuan kerjanya.

b)      Employee comparation. Metode ini merupakan metode penilaian yang dilakukan dengan cara membandingkan antara seorang pegawai dengan pegawai lainnya. Metode ini terdiri dari : (1) Alternation ranking : yaitu metode penilaian dengan cara mengurutkan peringkat (ranking) pegawai dimulai dari yang terendah sampai yang tertinggi berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. (2) Paired comparation : yaitu metode penilaian dengan cara seorang pegawai dibandingkan dengan seluruh pegawai lainnya, sehingga terdapat berbagai alternatif keputusan yang akan diambil. Metode ini dapat digunakan untuk jumlah pegawai yang relatif sedikit. (3) Porced comparation (grading) : metode ini sama dengan paired comparation, tetapi digunakan untuk jumlah pegawai yang relative banyak.

c)      Check list. Metode ini hanya memberikan masukan/informasi bagi penilaian yang dilakukan oleh bagian personalia.

d)     Freeform essay. Dengan metode ini seorang penilai diharuskan membuat karangan yang berkenaan dengan orang/karyawan/pegawai yang sedang dinilainya.

e)      Critical incident Dengan metode ini penilai harus mencatat semua kejadian mengenai tingkah laku bawahannya sehari-hari yang kemudian dimasukan kedalam buku catatan khusus yang terdiri dari berbagai macam kategori tingkah laku bawahannya. Misalnya mengenai inisiatif, kerjasama, dan keselamatan.

2)         Metode Modern. Metode ini merupakan perkembangan dari metode tradisional dalam menilai prestasi kerja. Yang termasuk kedalam metode modern ini adalah : assesment centre, Management By Objective (MBO/MBS), dan human asset accounting.

a) Assessment centre. Metode ini biasanya dilakukan dengan pembentukan tim penilai khusus. Tim penilai khusus ini bisa dari luar, dari dalam, maupun kombinasi dari luar dan dari dalam.

b) Management by objective (MBO = MBS). Dalam metode ini pegawai langsung diikutsertakan dalam perumusan dan pemutusan persoalan dengan memperhatikan kemampuan bawahan dalam menentukan sasarannya masing-masing yang ditekankan pada pencapaian sasaran perusahaan.

c) Human asset accounting. Dalam metode ini, faktor pekerja dinilai sebagai individu modal jangka panjang sehingga sumber tenaga kerja dinilai dengan cara membandingkan terhadap variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan.

Sumber :

Faustino Cardoso Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Andi Offset.

About these ads

Posted on June 27, 2010, in TEORI KINERJA and tagged . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. selamat siang pak,. saya sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir skripsi dengan judul Analisis Pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. namun saya kesulitan dalam menggali teorinya, karena saya menggunakan path analysis maka harus ada teori yang menyatakan hubungan budaya organisasi dengan motivasi…. adakah teori yang menyatakan hubungan diantara dua variabel itu? bila ada mohon bantuannya pak. terima kasih

    • Mahal, Prabhjot Kaur. Organizational Culture and Organizational Climate as a Determinant of Motivation. IUP Journal of Management Research8.10 (Oct 2009): 38-5

      Hakim, Abdul. The Implementation of Islamic Leadership and Islamic Organizational Culture and Its Influence on Islamic Working Motivation and Islamic Performance PT Bank Mu’amalat Indonesia Tbk. Employee in the Central Java. Asia Pacific Management Review17.1 (Mar 2012)

      Patnaik, J B. Organizational Culture: The Key To Effective Leadership And Work Motivation. Social Science International27.1 (Jan-Jun 2011): 79-94.

  2. as. pak, boleh kirim contoh metode penilaian alternatif ? terima kasih sebelumnya pak.

  3. Mas saya bisa minta materi tentang penilain kinerja ,sistem imbalan, hubungan industrial, hr exit

  4. mau tanya apa ada jurnal yg membahas ttg hub iklim organisasi dg produktivitas kerja? kalo ada mhon kirim k email saya mickey_girl4ever@rocketmail.com. .kalo ada juga ttg iklim kerja dan indikatornya menurut teori trimaksih bnyak utk bntuannya

  5. Salam kenal pak. Saya ingin melakukan research tentang Kinerja, sebagai variabel bebasnya antara lain : Komptenesi, Masa Kerja, Motivasi dan Budaya Kerja di suatu sekolah, cuma saya masih kesulitan tentang landasan teoritis dan empirisnya, mohon saran bapak sebagai autor, terima kasih

  6. salam pak, apakah saya bisa dishare kan macam – macam kinerja. sebelumnya terimakasih.

  7. pak boleh minta tolong beri tau link buat nyari jurnal ttg motivasi kerja dan kinerja karyawan juga kepemimpinan dan kepuasan kerja. . mhon dikirim k email saya niaernia@ymail.com mohon bantuannya. . terimakasih

  8. pak saya pernah membaca beberapa jurnal akuntansi tentang pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, tetapi saya mau tanya apa hubungannya kompensasi, kinerja dengan akuntansi pak?

    • “tetapi saya mau tanya apa hubungannya kompensasi, kinerja dengan akuntansi pak?”

      hubungan kompensasi, kinerja, dengan akuntansi ?? gak tau saya hubungannya apa…yang pasti kompensasi dan kinerja masuk ke dalam kajian ilmu manajemen sdm/perilaku organisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: