Teori Kepemimpinan Karismatik

Charismatic Leadership

Individu seperti John F. Kennedy, Winston Churchill, Warrant Buffet, dan Soekarno memiliki daya tarik tersendiri sehingga mereka mampu melakukan sesuatu yang berbeda terhadap pengikutnya. Pemimpin seperti ini biasanya disebut sebagai pemimpin karismatik. Max Weber menyebutkan bahwa beberapa pemimpin memiliki anugerah berupa kualitas yang luas biasa atau karisma yang membuat mereka mampu memotivasi pengikutnya untuk mencapai kinerja yang luar biasa.

Di Indonesia, tokoh Soekarno merupakah salah satu contoh pemimpin karismatik yang sulit ditemui lagi di masa sekarang. Kemampuan Soekarno menggerakkan, mempengaruhi, dan berdiplomasi telah menyatukan berbagai suku, agama, golongan menjadi satu kesatuan yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Artikel ini tidak akan membahas secara spesifik mengenai Soekarno, tapi lebih menguraikan secara umum mengenai pemimpin karismatik.

Definisi Pemimpin Karismatik

Karisma berasal dari bahasa Yunani yang berarti “anugrah”. Kekuatan yang tidak bisa dijelaskan secara logika disebut kekuatan karismatik. Karisma dianggap sebagai kombinasi dari pesona dan daya tarik pribadi yang berkontribusi terhadap kemampuan luar biasa untuk membuat orang lain mendukung visi dan juga mempromosikannya dengan bersemangat (Truskie, 2002).

Pemimpin karismatik adalah pemimpin yang mewujudkan atmosfir motivasi atas dasar komitmen dan identitas emosional pada visi, filosofi, dan gaya mereka dalam diri bawahannya (Ivancevich, dkk, 2007:209).

Pemimpin karismatik mampu memainkan peran penting dalam menciptakan perubahan. Individu yang menyandang kualitas-kualitas pahlawan memiliki karisma. Sebagian yang lain memandang pemimpin karismatik adalah pahlawan.

House (1977) mengusulkan sebuah teori untuk menjelaskan kepemimpinan karismatik dalam hal sekumpulan usulan yang dapat diuji melibatkan proses yang dapat diamati. Teori itu mengenai bagaimana para pemimpin karismatik berperilaku, ciri, dan keterampilan mereka, dan kondisi dimana mereka paling mungkin muncul. Sebuah keterbatasan teori awal adalah ambiguitas tentang proses pengaruh. Shamir, dkk (1993) telah merevisi dan memperluas teori itu dengan menggabungkan perkembangan abru dalam pemikiran tenyang motivasi manusia dan gambaran yang lebih rinci tentang pengaruh pemimpin terhadap pengikut (dalam Yukl, 2005:294)

Selengkapnya di teorionline.net

**teorionline.net adalah website baru dari teorionline

Download article

pdf3

About these ads

Posted on August 21, 2012, in KEPEMIMPINAN. Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. kalau kelebihan dan kekurangan pemimpin karismatik apa pak ?

    • kepemimpinan karismatik itu jarang diteliti..
      Menurut Yukl (2005), para pemimpin karismatik cenderung membuat keputusan yang berisiko dan dapat mengakibatkan kegagalan serius, pemujaan dari pengikut dapat menciptakan khayalan bahwa pemimpin tidak pernah berbuat salah, keyakinan dan optimisme berlebihan membutakan pemimpin dari bahaya nyata, ketergantungan kepada pemimpin yang menghambat perkembangan penerus yang kompeten…etc

  2. mau tanya ni pak, jadi kepemimpinan karismatik, kepemimpinan yang di bawa sejak lahir, bearti tidak bisa belajar dari buku donk?

  3. bisa minta tolong pak sy butuh buku tentang teori kepemimpinan karismatik u penulisan tesis

    • bukunya ada dua..
      Ivancevich, dkk. 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta : Erlangga.
      Yukl. 2005. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta : Index
      dan
      Hadari Nawawi dan Martini Hadari. 2006. Kepemimpinan yang efektif. Gadjah Mada University M Press

  4. anitamahfianti@yahoo.com

    Maaf pak mau tanya, apakah bapak bisa olah data sofware Amos?? Soal nya data saya tidak normal, jadi hasil nya setelah di olah tidak sesuai kriteria..
    Sent from my BlackBerry®
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: