Imam Ghozali. 2008. SEM Metode Alternatif dengan PLS

Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square

Pengarang : Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com, Akt Penerbit : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

ISNB : 979.704.250.9

Halaman : 244 hal.

Buku ini membahas tentang metode alternatif Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square (PLS). Mungkin bagi anda yang membutuhkan metode alternatif SEM dapat menggunakan buku ini sebagai rujukan. Saya beli di tahun 2010 dengan harga Rp. 70.000.

Selain itu, buku ini menyediakan CD Software SMART PLS sehingga anda tidak perlu lagi mendownload software ini seperti saya jelaskan di page ini

Daftar isi    :

1.      Structural Equation Modeling (SEM) Covarience Based vs Component       Based

2.      Variabel Laten dengan Indicator Refleksif dan Indicator Formatif

3.      Partial Least Square (PLS)

4.      Software Fartial Least Square Smartpls dan PLS Graph

5.      Software pls graph

6.      Multiple regression dan analisis jalur (path analysis)

7.      model pengukuran (measurement model) dengan indicator repleksif dan formatif

8.      second order confirmatory factor analysis

9.      SEM dengan Variabel moderating

10.  Full model sturktural penelitian perilaku auditor

11.  Full model structural penelitian system informasi

12.  Full model structural penelitian pemasaran

13.  Full model structural penelitian budgeting

14.  Contoh – contoh artikel di jurnal ilmiah yang menggunakan metode partial least square

15.  Finite mixture PLS

16.  Software smartpls

17.  Software visual partial least square

18.  Software PLS-GUI

==

Berdasarkan komentar dari salah satu authornya…

Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail

ghozali_imam@yahoo.com / hengkylatan@yahoo.com

Posted on June 11, 2011, in Rekomendasi Buku Statistik and tagged . Bookmark the permalink. 25 Comments.

  1. yang tau beli buku ini please kasih info. saya udah cari di gramedia matraman gak ada. udah kirim email tp blm di bls.

  2. rusdinal arifin

    mau nanya ?

  3. rusdinal arifin

    mas, mau nanya, jika judul saya mengenai pengaruh penerapan corporate social responsibility terhadap corporate image melalui persepsi nasabah sebagai variabel mediasi, perlu uji apa- apa aja mas ??

  4. Bagaimana boleh saya dapatkan buku ini?

  5. mas, boleh tanya ngak..kenapa tutorial bostrapping dibuku ini memasukkan jumlah cases lebih kecil dibandingkan jumlah sampelnya???kan seharusnya jumlah cases lebih besar dibandingkan jumlah sampel atau minimimal sama pada data cross section!! tolong direspon, mas!!!

    • saya tidak memperhatikan dan tidak berkepentingan dengan hal tsb..
      silahkan hubungi authornya…

      • terima kasih mas atas responnya.. kalau boleh tanya lagi…kan saya punya sampel penelitian 25 perusahaan dengan periode 5 tahun sehingga observasinya sebanyak 125. saat saya melakukan boostrapping dengan menggunakan SmartPLS, apakah sudah benar jika pada kolom cases saya isikan 125 dan pada kolom samples saya isikan 25???tolong dibantu, yah mas!

  6. Muh Fiermansyah

    assalam… saya ingin tanya, bagaimana caranya menganalisis data panel dalam SmartPLS??karna buku ini tidak membahas secara lengkap bagaimana mengolah data panel sebelum dimasukkan kedalam program…mohon bantuannya ya’ pak!!

  7. saya sudah email ke alamat email bapak ghozali atau pun bapak hengky tapi belum ada balasan. saya telpon juga tidak diangkat. tolong bantu saya mohon karena saya sangat membutuhkan buku ini untuk skripsi saya. terimakasih sebelumnya.

  8. permisi beli buku yang nomor 2 ini dmana ya yg disertakan dengan softwarenya? saya butuh sekali untuk skripsi saya.. karena d toko buku2 ternama saya tidak bisa dapat bukunya..mohon bantuannya..Terima Kasih

  9. Halo Pak Hendry, Saya numpang Share ya. Telah Tebit Dua Buku PLS Terbaru dan Satu buku SEM TETRAD sebagai berikut:
    1. Author = Hengky Latan dan Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com
    Title = Partial Least Squares: Konsep, Metode dan Aplikasi menggunakan Program WarpPLS.
    Penerbit = Badan Penerbit Universitas Diponegoro
    Year = 2012
    ISBN = 978.602.097.229.9
    Buku Disertai CD Program dan Data
    Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail ghozali_imam@yahoo.com / hengkylatan@yahoo.com

    2. Author = Hengky Latan dan Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com
    Title = Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3
    Penerbit = Badan Penerbit Universitas Diponegoro
    Year = 2012
    ISBN = 979.704.300.2
    Buku Disertai CD Program dan Data
    Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail ghozali_imam@yahoo.com / hengkylatan@yahoo.com

    3. Author = Hengky Latan dan Prof. Gudono, Ph.D., CMA
    Title = SEM: Structural Equation Modeling Aplikasi Software TETRAD IV
    Penerbit = BPFE Yogyakarta
    Year = 2012
    ISBN = 979-503-568-1
    Buku Disertai CD Program dan Data
    Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail hengkylatan@yahoo.com / Tlp. (0274) 373760

  10. asslam. saya ingn bertanya (berdiskusi) terkait isi buku dan lebih dalam mengenai SmartPLS 2.0, khususnya BAB 6 yang mengenai Path Analysis.
    sebenarnya default teori statistika pada komputasi Software Smart PLS ini menggunakan pendekatan PLS Path Modeling (PLS PM) dan PLS Regression atau hanya PLS Path Modeling saja? karena kalau PLS PM didalamnya mengandung variabel laten, sedangkan pada penelitian saya menggunakan Path Analysis dengan metode pendugaan parameternya (estimasi koefisien lintas) Partial Least Square dan tidak terdapat variabel laten. Apakah ketika saya mengolah data dengan SmartPLS (sesuai tutorial di buku pak Prof Ghozali BAB 6), default SmartPLS nya merunning dengan PLS PM atau PLS Regression?

    hal ini saya butuhkan jawabannya guna saya belajar untuk ujian sidang skripsi saya. saya harus menjelaskan cara kerja manual PLS seperti apa terutama ketika menggunakan Software SmartPLS ini.

    mohon tanggapannya.
    email: santosoary@gmail.com

    • Halo Pak Ary, Saya bantu jelaskan sedikit ya.
      yang dimaksud dengan PLS-PM adalah untuk mengestimasi model yang kompleks dengan banyak variabel dan banyak indikator. Sedangkan PLS-Regression hanya digunakan untuk dua variabel saja yaitu X dan Y. Software SmartPLS 2.0 M3 dapat menghandle keduanya, hanya saja pada dasarnya SmartPLS dirancang untuk mengestimasi model dengan variabel laten. Jika Pak Ary mempunyai model dengan variable observed, maka Pak Ary harus membuat satu indikator berbentuk formatif. Untuk lebih jelasnya Lihat buku Saya dan Pak Imam: “Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3”, Bab 13, BP UNDIP 2012.

  11. Dimana saya beli buku ini, saya sdh cari di toko buku gramedia matraman jakarta dan bandung tidak ada
    Terima kasih

  12. Beli buku ini dimana, yha?.

Leave a Reply

