Path Analysis with LISREL (chapter 2)

Path Analysis with LISREL , Tutorial Chapter 2

BY HENDRY

Pada Chapter 1 kita sudah mempelajari bagaimana menyiapkan data dan melakukan pengolahan dengan LISREL. Bagian kedua ini kita akan membahas mengenai hasil analisis pada bahasan chapter 1

Output Lengkapnya OUTPUT TUTORIAL TEORI ONLINE KASUS 1

HASIL DAN PEMBAHASAN

Unstandard Estimate

Standard Solution

T Value

1. GOODNESS OF FIT

Chi-square statistics: 0.49, Sig 0.483 (sig > 0.05) menandakan model fit.

Absolute fit indexi RMSEA: 0.000 < 0.08 artinya model fit.

Increment fit index:

Comparative Fit Index (CFI) = 1.00, Fit

Goodness of Fit Index (GFI) = 1.00, Fit

Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) = 0.98, Fit

Normed Fit Index (NFI) = 1.00, Fit

Persamaan structural 1

  1. Achievement motivasi (Achmot) dengan performance yaitu sebesar 0.086 (t hitung 2.29)
  2. Self Esteem berhubungan positif dengan performance sebesar 0.18 (t hitung 3.22)
  3. Verbal Intelligent berhubungan positif dengan performance sebesar 0.069 (t hitung 4.85).
  4. Seluruh variabel signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > 1.98
  5. Secara bersama-sama, Achievement motivation, Self Esteem dan Verbal Intelligent berpengaruh sebesar 0.35 (35%), sehingga besaran pengaruh variabel lain adalah 100% – 35% = 65%.

Persamaan structural 2        

  1. Performance berhubungan positif dengan job satisfaction sebesar 0.24 (t hitung 3.74/ signifikan)
  2. Achievement motivation (Achmot) berhubungan positif dengan job satisfaction sebesar 0.12 (t hitung 3.93/ signifikan)
  3. Verbal Intelligent berhubungan negatif dengan job satisfaction sebesar 0.0013 (t hitung -0.021 / tidak signifikan).
  4. Secara bersama-sama, Achievement motivation, Verbal Intelligent dan Performance berpengaruh sebesar 0.27 (27%), sehingga besaran pengaruh variabel lain adalah 100% – 27% = 73%.

DEKOMPOSISI PENGARUH

Total and Indirect Effects

Total Effects of X on Y

ACHMOT     SELFES   VERBITEL

——–   ——–   ——–

PERFORM          0.09       0.18       0.33

(0.04)     (0.05)    (0.07)

2.29       3.22       4.85

JOBSATIS             0.14       0.04       0.08

(0.03)     (0.02)    (0.06)

4.56       2.44       1.30

Total Effect of X on Y menjelaskan mengenai total pengaruh antara variabel observed eskogen dengan endogen. Pengaruh total ini merupakan pengaruh langsung antara eksogen ke endogen berdasarkan hasil persamaan structural yang sudah kita jelaskan di atas.

Indirect Effects of X on Y

ACHMOT     SELFES   VERBITEL

——–   ——–   ——–

PERFORM          – –        – –        – –

JOBSATIS            0.02       0.04       0.08

(0.01)     (0.02)    (0.03)

1.95       2.44       2.96

Indirect Effects of X on Y menjelaskan pengaruh tidak langsung eksogen ke endogen. Besaran pengaruh Achievement Motivation ke Job Satisfaction adalah sebesar 0.02, Selfes adalah sebesar 0.04 (tidak diuji), dan verbal intelligent adalah sebesar 0.08

Total Effects of Y on Y

PERFORM   JOBSATIS

——–   ——–

PERFORM        – –        – –

JOBSATIS            0.24        – –

(0.06)

3.74

Total Effects of Y on Y menjelaskan total pengaruh variabel observed endogen terhadap endogen lainnya. Dalam hal ini adalah performance ke job satisfaction dengan besaran pengaruh sebesar 0.24

Sekian..semoga bermanfaat.

Posted on August 24, 2011, in Path Analysis with LISREL and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 45 Comments.

  1. ASSalamualaikum pak.smg bapak dalam keadaan sehat terus. mau bertanya pakk. saya penelitian variabel x nya modal sosial (laten) dan Y pengeluaran rumah tangga (bukan laten), pake analisis apa yang cocok?saya coba pake SEM namun syntax simplis yang menghubungan x dan y nya gmn pak?saya bingung, apa sama dengan syntax biasa.
    terima kasih

  2. Pak klo di outputnya tertulis degrees of freedim is negative itu knp ya
    please help me pak
    bls email aja pak muhaimin_amien@ymail.com

  3. Fransiskus Asisi

    maaf pak saya mahasiswa yang sedang skripsi menggunakan lisrel juga. saya ingin tanya jika ingin melihat angka t-value untuk pengaruh tidak langsung variabel ServQual-CorpImage-Loyalty bagaimana ya pak?
    jika berkenan boleh balas ke email saya di frankasiodiyosa@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

  4. Pak, saya mau tanya, kenapa kalau di hasil output standardized solution itu ada panah yang dari variabel ke indikator yang berwarna abu-abu samar gitu pak? Dan nanti di gambar output T-value tidak ada panah dan angkanya. Mohon bantu penjelasannya ya pak. Jika berkenan bisa diemail ke nr_utami@yahoo.com

    Terima kasih.

  5. Pak,,, data tidak multivariate normal dalam Path Analysis kan bisa menggunakan asypmtotic covariance, berarti kita akan menggunakan Robust MLE. Nah pak,, bedanya dengan MLE biasa gmn pak?? baik dari segi pengerjaan lisrel maupun interpretasi output. thnks..

  6. Mohon bantuannya pak. Saya mhs sdg skripsi. Skripsi saya menggunakan path analisis. Yang saya mau tanyakan pak.
    1. Apakah path ini punya kekhususan data untuk dianalisis? Time series. Panel atau crossction?
    2. Pada data yang saya uji ternyata tidak normal pak. Yg sy tau solusinya di ‘normal score’ kan. Nah. Hasil transformasinya apakah mengikuti perhitungan x-xbar/s pak? Saya cek dengan perhitungan manual excel kok beda 😦
    3. Beberapa kali saya coba run. Knp goodness of fit nya tidak muncul pak. Di output diagramnya tertulis df=0 maksdnya apa ya pak?
    Terimakasih sebelumnya pak. Jika berkenan boleh di balas melalui email saya justme.zichi@gmail.com

  7. Maaf pak, sy mhs sedang penelitian kebetulan memakai sem ini juga. Mau tanya jalur pathnya sdh dibuat tapi untuk nilai Chi square, df dsb Knp tidak ada ya, kesalahan pemasukan datanya dimana.. apakah data pemakaian lisrel ini harus lebih dari 10 responden. Mohon penjelasannnya. Masih kurang ngerti penggunaannya

  8. Dzuriyatun Toyibah

    Salam Pak. Selesai bikin gambar path mau dicopy ke word/power point bagaimananya. Tks

  9. Mantap ilmunya, bisa belajar banyak dari sini

  10. kenapa yah pa saat saya run lisrel tidak tampil gambar pathnya..hanya tampil path dengan gambar putih polos?
    sedangkan outputnya tidak error..
    mohon bantuannya Pa..sebelumnya terimakasih banyak Pa 🙂

  11. Salam, bapak saya mau tanya, variable x saya adalah customer value creation, dan variabel y nya kepuasan pelanggan, yang saya ingin tanyakan bagaimana menghitung kepuasan pelanggan dengan menggunakan path analysis, saya sudah menggunakan spss 20 dengan memasukkan sub total perdimesi dan grand total kepuasan pelanggan, kemudian saya memilih analyze – regression-linier namun hasilnya tidak sama dengan hasil model summary, Rsquare. mohon bantu perinciannya pak, terima kasih.

  12. Pak mohon bantuannya, bagaimana cara memperbaiki model agar Loading factor na bisa >0.5. Sementara saya sudah coba normalize score (menggunakan lisrel 8.80) tetapi masih saja model belum mencapai goodnest of fit.. Trims

  13. pak , jika data tidak terdistribusi normal ( sample 157) jadinya memakai apa ya?

  14. Pak, apakah lisrel bisa menguji hipotesis secara simultan (hipotesis diterima/ditolak) untuk model analisis jalur? dan bagaimana caranya yah pak?
    Terima kasih

  15. Pak, saya mau tanya, bagaimana jika hasil output lisrel menunjukkan R² yang kecil (0.0459 dan 0.0282)? Apakah artinya variabel independen dan intervening penelitian saya pengaruhnya sangat kecil terhadap variabel dependen?
    Dan apakah skripsi saya ini tidak bermasalah jika dilanjutkan? Soalnya dari segi t-valuenya juga yang sig cuma 1 pak…
    Trimakasih…

  16. pak, asumsi yang ada di analisis jalur diantaranya adalah menggunakan probability sampling dan memenuhi asumsi multivariat normal,,
    bila data yang ada menggunakan non probability sampling apa masih bisa memakai path analysis?
    jika data nya tidak multivariate normal kan datanya di transformasi pake normal score,,terus setelah transformasi apakah harus di uji lagi multivariat normalnya atau data hasil transformasi tersebut dapat langsung di run?
    jila error pada variabel endogen (di output stadardized) sebesar 0,93 itu artinya variabel eksogen tingkat hubungannya sangat kecil bukan? apakah itu artinya variabel eksogennya tidak berpengaruh terhadap variabel endogen?

    (mohon balasannya ke email ini ya pak… una_bee@yahoo.com)
    terima kasih banyak atas bantuannya pak,,

  17. siang pak saya mahasiswa yang juga sedang mengerjakan tugas akhir. saya menggunakan metode analisis jalur dengan lisrel. variabel eksogen x saya ada 3, endogen 1, dan 1 independent…yang saya tanyakan adalah bagaimana solusi penyelesaian jika derajat bebasnya adalah negative.saya sudah mencoba berbagai cara yang salah satunya menghapus jalur..
    jika derajat bebas yang saya miliki masih negatif apakah saya harus menggnakan metode analisis yang lain?sementara kebutuhan penelitian saya adalah untuk menunjukkan pengaruh. bagaimana solusinya pak?
    mohon pencerahannya y pak…. (mohon balasannya ke email ini y pak…: meli.stis@yahoo.com)
    terima kasih pak atas bantuannya..

  18. Pak, mau nanya nih…
    1. Apa artinya kalau p-valuenya = 1 ( Fit sempurna ) ? Apa cocok untuk analisis jalur ?
    2. Kalau semua variabel adalah variabel laten tetapi variabel Y adalah variabel unidimensi, apa itu bisa dianalisis dengan menggunakan SEM ?
    Trima kasih sebelumnya..:)

  19. malam pak mau bertanya. apakah indikator formatif dari variable laten selalu terletak pada bagian kiri dari variable laten.? dan arah panah mengarah kepada variable latenya?

  20. Malam pak, pak bagaiman supya mdl penelitian yang sdh sya tetapkan menggunakan path analysis tidk diarahkan lgi ke SEM…hal ap yang pling membedkn antra Path dan SEM, sebelumnya model penelitian saya adlh reability, responsiveness, assurance, Emphaty,Tangibles berpengaruh ke Customer satisfaction dan Customer Satisfaction dan Trust berpengaruh pada Customer loyalty.Terima kasih pak.selamt malam

  21. Pa, boleh minta penjelasan tentang perbedaan dari tiap estimates..??
    mohon penjelasannya..
    terima kasih

  22. Siang pak,
    dalam melakukan analisis jalur dgn LISREL, asumsi apa saja yang harus dipenuhi??dan bagaimana cara melakukan pengujian asumsi serta melihat apakah telah memenuhi asumsi tersebut? saya sedang mencoba menggunakan LISREL…
    Terima Kasih

  23. Pak, untuk di Lisrel…di hasilnya estimates itu ada yg menggunakan standar solution, T-Value, expected change, dll…sebenarnya apa perbedaan dari masing2 estimates tsb?dan manakah estimates yg paling baik diantaranya?

  24. Pak, lebih mudah mana analisis jalur dengan menggunakan lisrel atau spss? dan adakah perbedaannya? terima kasih…

    • kalo menurut saya LISREL..karena udah ada perhitungan direct and indirect effectnya..
      perbedaannya ada di uji kesesuaian model. dengan LISREL, goodness of fit digunakan layaknya SEM biasa…

  25. terimakasih sharingnya!! helpfull bgt!!

Leave a Reply

