HAROLD HOTELLING (1895-1973)

HAROLD HOTELLING (1895-1973)

Harold Hotelling merupakan tokoh yang melanjutkan factor analysis dari Spearman. Ia melihat bahwa estimasi merupakan problem utama dalam analisis faktor. Karenanya, ia kemudian melakukan penyempurnaan konsep principal component analysis dari Pearson sehingga dapat digunakan untuk melakukan estimasi analisis faktor. Hotelling merupakan satu tokoh besar dalam teori Multivariate, dan salah satu usulannya adalah canonical correlation

Credit photo from : http://www.newschool.edu/nssr/het/profiles/hotell.htm

Biografi dari http://www.amstat.org

 

Harold Hotelling lahir di Minnesota pada tahun 1895 dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Seattle, Washington. Beliau memperoleh gelar sarjana dalam jurnalisme pada tahun 1919 dan gelar master dalam matematika pada tahun 1921 dari University of Washington.

Pada tahun 1924, ia mendapatkan PhD dalam matematika dari Universitas Princeton, dan mulai mengajar di Stanford University tahun yang sama. Hotelling segera menyadari bahwa bidang statistik akan lebih berguna jika digunakan metode matematika yang lebih tinggi, sehingga pada tahun 1929, ia pergi ke Inggris untuk belajar dengan RA Fisher, statistik sangat menonjol.

Ketika Hotelling kembali ke Amerika Serikat, ia mulai mengembangkan beberapa teknik di Universitas Stanford. Aplikasi awal melibatkan berbagai bidang jurnalisme, ilmu politik, populasi, dan suplai makanan. Pada tahun 1931, Hotelling mulai bekerja di Columbia University, di mana ia berperan dalam penciptaan departemen statistik universitas. Selama waktunya di Columbia, ia membantu beberapa sarjana Eropa Tengah, termasuk Abraham Wald-an, melarikan diri Jerman, dan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan militer statistik selama Perang Dunia II.

Gertrude Cox, direktur pertama dari Institute of Statistics, direkrut Hotelling untuk University of North Carolina di Chapel Hill (UNC-CH) pada tahun 1946 untuk menemukan statistik departemen baru. Di Universitas, ia adalah seorang profesor dan Ketua Departemen Statistik Matematika, seorang profesor ekonomi, dan direktur dari Institute of Statistics. Pada 1961, ia dipromosikan menjadi Profesor Statistik Kenan. Dia pensiun dari universitas pada tahun 1966. Pada tahun 1989, UNC-CH mendirikan Harold Hotelling profesor di bidang Ekonomi untuk menghormati Hotelling dan karya-karyanya.

Hotelling dianggap sebagai pelopor dalam bidang statistik matematika dan ekonomi di abad 20, dengan kontribusi kepada teori permintaan dan utilitas, ekonomi kesejahteraan, dan perpajakan. Karyanya dalam statistik matematika termasuk yang terkenal 1931 kertas pada distribusi t Student untuk pengujian hipotesis, di mana ia meletakkan apa yang telah dilakukan sejak disebut “interval kepercayaan.” paper Ekonominya sepanjang 1920-an dan 1930-an dibahas persaingan, teori permainan, depresiasi, dan kelelahan sumber daya. Ia juga dibahas topik dalam statistik matematika seperti pengujian hipotesis dan interval kepercayaan.

Area statistik dengan upaya paling signifikan yang paling berkelanjutan dan mungkin Hotelling adalah dari analisis statistik multivariat. Bahkan, namanya dikaitkan dengan beberapa metode dan statistik. Kontribusi pertama yang signifikan kemudian disebut T2 Hotelling yang Generalized. Perkembangan lain utama dalam analisis multivariat terkait dengan Hotelling adalah komponen utama. Dia tepat dirumuskan ide komponen, membawa menanggung pengetahuan matematika, menunjukkan implikasi, yang mengatur prosedur komputasi, dan membahas inferensi statistik. Ketika Hotelling dan istrinya pertama kali tiba di Chapel Hill, mereka juga membentuk “Teh Hotelling,” di mana mereka membuka rumah mereka untuk mahasiswa dan fakultas untuk waktu minum teh sebulan sekali.

Hotelling menerbitkan berbagai publikasi termasuk penelitian dalam matematika, matematika ekonomi, dan statistik teori maupun terapan, filsafat pendidikan dan diskusi, sketsa biografi, review buku, dan kertas berbagai macam lainnya. Awal tulisan dieksplorasi topik statistik seperti kepadatan koefisien korelasi, persamaan diferensial memiliki probabilitas kesalahan istilah, dan proses stokastik. Selama bertahun-tahun, ia menutupi banyak masalah statistik lainnya dan memelopori banyak perkembangan baru.

 

Souce Terjemahan dari :

Harold Hotelling, by Megan Kruse Public Affairs Coordinator, ASA,

http://www.amstat.org/about/statisticiansinhistory

 

 

 

Posted on October 10, 2011, in Tokoh Statistik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: