Job Insecurity, Komitmen dan Kepuasan Kerja

DAMPAK Job Insecurity

Munculnya reaksi yang berupa sikap, intensi turnover, komitmen organisasi dan kepuasan kerja yang berkurang atas adanya persepsi job insecurity (Ashford et al., 1989; Rosenblatt dan Ruvio, 1996, dalam Wening, (2005) Chirumbolo (2005) menemukan bahwa ketidakamanan pekerjaan berkorelasi negatif dengan kinerja dan positif dengan absensi.

Greenhalgh (2000) dalam Greenglass , Burke dan Fiksenbaum, (2002) berusaha menguji efek dari job insecurity terhadap komitmen kerja dan perilaku kerja. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil yang menyatakan bahwa karyawan yang bisa melalui atau melewati tahapan rasa tidak aman ini, menunjukkan komitmen kerja yang makin rendah dari waktu ke waktu (dalam Kurniasari, 2005).

Rosenblatt  dan  Ruvio  (1996)  menyatakan bahwa pada akhirnya kondisi job insecurity memiliki  efek  negatif  terhadap  komitmen organisasi  serta  prestasi  kerja  karyawan (dalam  Yousef,  1998 :  183-184).  Hasil penelitian  Pasewark  dan  Strawser  (1996) menunjukkan  bahwa  job  insecurity merupakan  salah  satu  faktor  yang menyebabkan  seseorang  memilih  bertahan dengan pekerjaannya atau tidak.

 

Referensi :

Darwish A. Yousef, (1998) “Satisfaction with job security as a predictor of organizational commitment and job performance in a multicultural environment”, International Journal of Manpower, Vol. 19 Iss: 3, pp.184 – 194

Greenglass, Esther, Ronald Burke and Lisa Fiksenbaum. 2002. Impact of Restructuring, Job Insecurity and Job Satisfaction in Hospital Nurses Stress News January ,14(1):1-10.

Kurniasari. 2005. Pengaruh komitmen organisasi dan job insecurity karyawan terhadap intensi turnover. Tesis Pascasarjana, Pengembangan sumber daya manusia Universitas Airlangga, Surabaya.

Pasewark, W. R., dan J. R. Strawser. 2001, “The Determinants and Outcomes Associated with Job Insecurity in a Professional Accounting Environment”, Behavioral Research in Accounting, 8, halaman 91-113.

 

 

Posted on October 23, 2011, in TEORI JOB INSECURITY. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. assalamu’alaikum pak,saya mau nanya buat judul skripsi,kalo pembahasannya tentang pengaruh job insecurity dan kepuasan kompensasi terhadap kinerja karyaawan kontrak kira2 meching g judulnya?? atw variabel nya ada yg mesti di ganti??? mohon pencerahannya pak,terima kasih sebelum nya

  2. mohon bantuannya pak, selain yang disebutkan diatas, ciri-ciri karyawan yang mengalami job insecurity apa ya pak? terimakasih

    • Job insecurity berdasarkan komponen-komponen yang dikemukakan Greenhalgh dan Rosenblatt dan Ashford, et al. dalam Pasewark dan Strawser (2001:96-97) yaitu : (1) tingkat pentingnya aspek-aspek pekerjaan yang dirasakan individu, (2) kemungkinan perubahan negatif pada aspek-aspek kerja tersebut bagi individu, (3) tingkat kepentingan yang dirasakan individu mengenai potensi setiap peristiwa yang secara negatif dapat mempengaruhi keseluruhan kerja individu, (4) kemungkinan munculnya peristiwa-peristiwa tersebut yang secara negatif dapat mempengaruhi keseluruhan kerja individu, dan (5) ketidakberdayaan yang dirasakan individu. (referensi lihat di artikel atas..)

  3. Selamat siang Pak. Mohon bantuanya tentang dimensi intensi turnover dan dimensi dari kepribadian ekstraversi. Trm ksh.

    • Mobley (1978), Bozeman and Perrewe, (2001); Vigoda, (2000) menggunakan tiga pertanyaan untuk mengukur intensi turnover…seperti “saya berpikir untuk berhenti bekerja sekarang”, “saya sedang mencari alternatif pekerjaan baru”, dan “Jika ada kesempatan di tempat lain, maka saya akan keluar dari pekerjaan ini sekarang”.
      kepribadian ekstraversi dapat diadaptasi dari Rotter. versi aslinya kalo gak salah ada 29 pertanyaan. atau jika menggunakan Spector’s (1988) ada 16 pertanyaan mengenai work locus of control.

  4. Yang terhormat Pak Avatar,
    melihat tulisan-tulisan bapak mengeni Metode Penelitian dan statsisti, kuantitatif, sedikit mohon bantuan untuk menjelaskan turunan dari variabel yaitu menentukan dimensi dan idikator. masukan dan penjelasannya kami ucapakan terima kasih. sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: