Mengapa Rencana Insentif tidak berhasil

by Hendry

Beberapa penyebab gagalnya rencana insentif dalam meningkatkan kinerja karyawan antara lain :

  1. Pembayaran kinerja tidak dapat menggantikan manajemen yang baik.  Pembayaran harusnya memberi motivasi kepada para karyawan, tetapi kurangnya motivasi tidak selalu menjadi penyebabnya. Instruksi yang tidak jelas, pelatihan yang tidak memadai, tidak tersedianya peralatan, adanya konflik pegawai dengan pihak manajemen merupakan faktor yang menjadi rintangan pencapaian kinerja.
  2. Para psikolog mengatakan bahwa orang sering memberikan upaya mereka dimana mereka tahu bahwa mereka akan dibayar atas upaya tersebut. Tetapi, rencana insentif yang memberikan penghargaan atas satuan barang yang mereka hasilkan (atau yang mereka jual) dapat menyebabkan produksi yang terburu-buru dan asal-asalan, dan kualitas yang lebih rendah.
  3. Pembayaran bukanlah motivator. Herzberg menyatakan bahwa uang hanya membeli kepatuhan sesaat, dan saat insentif itu hilang, maka motivasinya pun hilang. Herzberg mengatakan memberikan penghargaan dalam bentuk kesempatan berkarir, dan bentuk motivasi instriksik lainnya lebih efektif dalam mempengaruhi motivasi karyawan. meski demikian, perhatian terhadap insentif keuangan juga harus mendapat perhatian.
  4. Penghargaan menghukum. Banyak yang memandang bahwa hukuman dan penghargaan sebagai dua sisi mata uang. Banyak yang mengatakan “lakukan ini maka anda dapat itu”, dan “lakukan ini atau anda tidak dapat itu..”
  5. Perhargaan memutuskan hubungan. Rencana insentif memiliki potensi mendorong seseorang (atau kelompok) untuk mengejar penghargaan kuangan bagi diri mereka sendiri.
  6. Penghargaan merendahkan motivasi instrinsik.

 

Dikutip dan diringkas dari buku Garry Dessler. 2009. Manajemen SDM. Jakarta : Indeks, pp. 124-125

 

Posted on April 20, 2012, in MSDM and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: