Mengembangkan Rencana Pelatihan Strategis

by Hendry

Kerangka kerja untuk mengembangkan rencana pelatihan strategis antara lain mengandung empat tingkatan pokok, antara lain :

  1. Mengatur strategi. Yaitu manager2 SDM dan pelatihan harus lebih dahulu bekerja sama dengan manajemen untuk menentukan bagaimana pelatihan akan terhubung secara strategis pada rencana bisnis strategis, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan dan organisasi
  2. Merencanakan, yaitu perencanaan harus terjadi dengan tujuan untuk menghadirkan pelatihan yang akan membawa hasil-hasil positif untuk organisasi dan karyawannya. Sebagai bagian dari perencanaan, tujuan dan harapan dari pelatihan harus diidentifikasi serta diciptakan agar tujuan dari pembelajaran yang dapat diukur dan spesifik untuk melacak efektivitas pelatihan.
  3. Mengorganisasi, yaitu pelatihan tersebut harus diorganisasi dengan memutuskan bagaimana pelatihan akan dilakukan, dan mengembangkan intervensi-intervensi pelatihan. Semua aktivitas ini memuncak dalam pelatihan yang sesungguhnya.
  4. Memberi pembenaran yaitu mengukur dan mengevaluasi pada tingkat mana pelatihan memenuhi tujuan pelatihan tersebut. Kesalahan2 yang terjadi dapat diidentifikasi pada tahap ini, dan dapat meningkatkan efektifivitas pelatihan dimasa depan.

Dirangkum dari buku :

Mathis dan Jackson. 2009. MSDM. edisi 10. Jakarta : Salemba Empat. pp : 307-308

 

Meteri Terkait :

 

Advertisements

Posted on April 20, 2012, in PELATIHAN SDM and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: