Strategi Pemodelan SEM

Ada 3 jenis strategi pemodelan yang dapat dipilih terutama jika menganalisis data dengan LISREL (Joreskog dan Sorbom, 1993) :

Stricly Confirmatory (SC). Dalam model ini, peneliti terlebih dahulu merumuskan model yang akan diuji, kemudian data dikumpulkan. Pengujian model dilakukan dengan maksud untuk memastikan apakah model diterima atau ditolak. Dalam strategi ini tidak diupayakan perbaikan model.

Alternatif (Completing) Model (AM). Dalam pemodelan ini dirumuskan beberapa alternatif model. Data kemudian dikumpulkan dan diuji. Model-model yang sudah dibentuk sebelumnya kemudian diuji, dan model yang memiliki kesesuaian paling baik akan dipilih.

Model Generating (MG). dalam strategi ini peneliti berpijak pada teori tertentu untuk merumuskan model. Data dikumpulkan, kemudian diuji. Jika ternyata hasil pengujian model menunjukkan kinerja yang kurang baik atau tidak fit dengan data, maka model diperbaiki atau dimodifikasi. Proses perbaikan ini dilakukan berulang-ulang sampai diperoleh model dengan tingkat kesesuaian terbaik atau best fit model dengan data sampel yang ada.

Dikutip dari Buku. Kusnendi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Satu dan Multigroup Sample dengan Lisrel. Bandung : Alfabeta, pp. 17

Advertisements

Posted on July 5, 2012, in SEM and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Sebenarnya dalam SEM itu satu indikator bolehkah lebih dari satu pertanyaan?
    misalnya variabel laten saya sikap dan salah satu indikatornya adalah aspek kognitif,,nah apakah boleh bila satu indikator terdiri dari beberapa pertanyaan?dan beberapa pertanyaan itu bukan mrp dimensi jd tdk bs jg bila dikatakan second order,,,mohon penjelasannya pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: