Memilih Sampel Random dengan Excel

concept paper

Tips ini bukanlah hal baru, namun mungkin saja dapat berguna bagi anda yang kebetulan belum pernah melakukan pemilihan data random dengan Excel.

Kasus : Seorang peneliti ingin memilih secara random 5 dari 30 SMA yang tersebar di 4 Kabupaten/Kota.

Penyelesaian :

Step 1 : Urutkan data SMA seperti tampilan berikut ini :

step1 random

Step 2 : Letakkan Kursor di Cell B2, lalu ketik “=rand()”. Kemudian copy formula sampai B31

step2 random

Step 3 : Letakkan kursor di Cell C2, kemudian ketik “=INDEX($A$2:$A$31,RANK(B2,$B$2:$B$31))”. Karena akan dipilih 5 data random, maka Copy formula sampai ke cell C6

step3 random

Dari hasil pemilihan random sampling, terlihat bahwa 5 SMA yang terpilih adalah SMA28, SMA13, SMA1, SMA24 dan SMA4

Demikian sekilas info..semoga bermanfaat..

Hendry

Posted on January 17, 2014, in Tips Penelitian and tagged , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Mohon maaf, saya ingin menanyakan pada step 3 itu bagaimana yaa kok saya tidak berhasil di step 3. Mohon bantuannya. Terimakasih….

  2. SUPER,..sangat membantu buat saya yg pemula,..semoga beberkah ilmunya,amiin

  3. Salam, maaf saya tidak mengomentari artikel ini tapi saya mengomentari situs yang terbaik pernah saya temukan, di blog ini saya banyak dapat motivasi sebagai pemula yang berhubungan dengan excel, sukses selalu ya mas ..sekali lagi saya berterimakasih atas ilmu yang di bagi…salam

Leave a Reply

