Content Validity (Validitas Isi)

1337221510sfv0yp

CONTENT VALIDITY (Validitas Isi)

Hendryadi
www.teorionline.net
Phone : 021 – 9229 0445 / 0856 9752 3260
Email : hendry.basrah@gmail.com

 

Abstract

Validitas isi mencerminkan representasi dan relevansi dari sekumpulan aitem yang digunakan untuk mengukur sebuah konsep yang dilakukan melalui analisis rasional mengenai isi tes melalui penilaian panel ahli. Validitas ini mengacu pada ketepatan pengukuran didasarkan pada isi (content) instrument untuk memastikan bahwa item skala yang digunakan sudah memenuhi keseluruhan isi konsep atau kesesuaian item. Artikel ini secara khusus hanya membahas mengenai validitas isi (content validity) beserta bebeberapa contoh uji dalam kegiatan penelitian.

Keywords: content validity

Introduction

Validitas dalam riset social merupakan masalah yang sangat penting karena menyangkut ketepatan alat ukur yang digunakan. Hal ini dapat dimaknakan bahwa instrument yang tidak tepat/tidak sesuai maka akan berimplikasi pada validitas hasil riset itu sendiri. Dalam praktiknya, para ahli-ahli psikometrika telah mengembangkan berbagai cara, teknik maupun metode untuk meningkatkan validitas instrumen ini, dan salah satunya adalah melalui validitas isi sebagai langkah awal untuk menilaian kesesuaian item skala yang digunakan.

Validitas adalah sejauh alat ukur (tes) benar-benar menggambarkan apa yang hendak diukur. Menetapkan validitas sebuah test atau instrument test sangat sulit, terutama karena variabel-variabel psikologi biasanya adalah konsep-konsep abstrak, seperti inteligensi, kecemasan, dan kepribadian. Konsep-konsep ini tidak memiliki realitas konkret sehingga eksistensinya harus diinferensi melalui sarana yang tidak langsung. Ada tiga jenis validitas yaitu content validity (validitas isi), criterion validity (validitas criteria), dan construct validity (validitas konsep). Dua teknik yang digunakan dalam analisis ini adalah melalui koefisien validitas isi Aiken’s V dan Rasio validitas isi – Lawshe’s CVR.

Artikel Lengkap di Academia.edu

atau Dowload

pdf3

 

Posted on July 3, 2014, in METODOLOGI PENELITIAN. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. maaf pak mau nanya ada kah menurut ahli yg menjelaskan bahwa diatas 0,5 hasilnya valid dan dibawah 0,5 hasilnya tidak valid. terima kasih

  2. 1. apa validitas isi ini bisa memakai skala likert?
    2. validitas ini minimal responden brp pak?
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: