Hasil Ujicoba Kuesioner Komitmen Organisasi (OC-9) Tahap 2

Hasil Ujicoba Kuesioner Komitmen Organisasi (OC-9) Tahap 2

Oleh : Hendryadi

Abstract

Purpose-Artikel ini ditujukan untuk menguji ulang struktur skala komitmen organisasional yang disusun berdasarkan 9 item pertanyaan yang terdiri dari komitmen afektif, kontinuan, dan normative yang diadaptasi dan disesuaikan dari Meyer and Allen (1997).

Methods: Data dikumpulkan melalui koesioner online online yang di isi oleh pengunjung teorionline.net di halaman http://teorionline.net/resources/survey-instrument/. Sebanyak 158 orang responden berpartisipasi, namun hanya 85 responden menjawab secara keseluruhan dari 9 item pernyataan yang diajukan. Responden terdiri dari 45 laki-laki dan 50 wanita. Berdasarkan pendidikan, sebanyak 28 orang berpendidikan SMA/sederajat, 39 orang berpendidikan Diploma/Sarjana, dan 18 orang berpendidikan Pascasarjana. Untuk menguji validitas digunakan Exploratory factor analysis (EFA) yang dilanjutkan dengan confirmatory factor analysis untuk menentukan construct validity dari skala komitmen organisasi V-9. Uji reliabilitas menggunakan konsistensi internal cronbach alpha.

Results and Conclusion: Melalui analisis faktor diketahui bahwa struktur yang tepat dari 9 item yang dipergunakan dalam kuesioner ini adalah dengan menempatkan 2 faktor yaitu afektif dan continuance. Masing-masing dimensi terdiri dari 3 item yang terbukti valid (loading factor > 0.70) dan konsistensi internal yang cukup baik pada dua faktor tersebut. Memperhatikan temuan ini,maka dapat direkomendasikan : (1) Pengukuran komitmen organisasional yang diukur dengan komitmen afektif dan continuance dengan masing-masing tiga item sudah dapat digunakan menggunakan skala ini; (2) Pengukuran tahap ke-2 ini dilakukan pada 85 responden, sehingga memiliki keterbatasan (terutama pada ukuran sampel minimal untuk analisis faktor yaitu sebesar 10 – 15 responden per variabel). Dengan demikian, diperlukan pengujian lebih lanjut.

 

Download via academia.edu

Posted on September 30, 2015, in Sample Instrument and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: