Concept Paper

CONCEPT PAPER / RESEARCH PROPOSAL

By Hendry

Proposal penelitian (research proposal) merupakan sebuah rencana penelitian yang memuat berbagai informasi penting sebelum penelitian benar-benar dilaksanakan. Istilah proposal dalam dunia pendidikan juga sering disamakan dengan Research Concept Paper sebagai sebuah pengantar dan ide awal penelitian untuk ditanggapi atau disetujui oleh komite, dewan, atau sponsor yang bertugas memberikan penilaian pada sebuah rencana penelitian.

Download Penjelasan Bantuan pembuatan draft

Bagian Utama dari Proposal Penelitian

Judul Penelitian

Judul merupakan kalimat ringkas yang dapat menggambarkan mengenai ide penelitian secara keseluruhan. Dalam proposal, judul bersifat tentatif. Judul dapat terdiri dari judul utama dan subjudul. Judul utama umumnya digunakan untuk menarik perhatian, dan sub judul digunakan untuk menjelaskan indikasi pendekatan ke topik yang sering membuat referensi metodologi yang digunakan.

Abstract

Abstract merupakan uraian singkat mengenai isi proposal. Abstract yang baik paling tidak memuat mengenai permasalahan yang ada (baik masalah praktis maupun teoritis), tujuan yang ingin dicapai, dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.

Chapter 1. Pendahuluan

Pendahuluan paling tidak memuat latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Latar belakang adalah sebuah potret fenomena yang terjadi yang menjadi dasar atau alasan dilaksanakannya penelitian. Atau bisa juga merupakan penjelasan mengenai alasan mengapa calon peneliti tertarik untuk meneliti masalah ini.

Rumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara jelas pertanyaan-pertanyaan yang ingin dicarikan jawabannya, sedangkan tujuan penelitian dapat dijelaskan dalam bentuk tujuan teoritis, praktis, maupun metodologis.

Chapter 2. Kerangka Pikir dan Hipotesis

Kerangka pikir merupakan penjelasan sementara dari gejala-gejala yang menjadi objek permasalahan. Kerangka pikir memuat alur berpikir penelitian dengan menggabungkan tinjauan teori dan penelitian relevan sehingga dapat dirumuskan sebuah hipotesis.

Kerangka pikir menggunakan pendekatan analisis kritis dari teori dan bukti empiris sehingga dapat dibuat dugaan sementara yang disebut hipotesis. Misalnya dalam penelitian yang mengetengahkan hubungan antara dua variabel, kerangka pikir yang dibangun harus dapat menjelaskan dengan hubungan keduanya secara jelas.

Hipotesis merupakan pernyataan sementara berupa dugaan mengenai apa saja yang sedang kita amati dalam usaha untuk memahaminya. Hipotesis merupakan kebenaran sementara yang masih harus diuji. Oleh karena itu hipotesis berfungsi sebagai cara untuk menguji kebenaran. Dengan demikian sebuah hipotesis diturunkan dari teori yang sudah ada, kemudian diadakan pengujian dan akan menguji ulang teori tersebut atau memunculkan teori baru.

Chapter 3. Metodologi

Metodologi penelitian merupakan prosedur atau metode-metode yang digunakan dalam penelitian. Metodologi penelitian paling tidak menjelaskan desain penelitian (research design), rancangan sampel (sampling), metode pengumpulan data (data collection methods), instrument, dan rencana analisis data.

Jadwal Sementara

Menjelaskan mengenai rencana-rencana kegiatan dan waktu pelaksanaan kegiatan. Jadwal bersifat tentatif, dan dapat berubah sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan pada saat dilakukannya penelitian.

Referensi

Menguraikan daftar referensi yang digunakan dalam proposal.

Dirangkum dari  :

  1. Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Jan Jonker, Bartjan J.W. Pennink, Sari Wahyuni. 2011. Metodologi Penelitian. Panduan Untuk Master Ph.D di bidang Manajemen. Jakarta : Salemba Empat
  3. Jujun S. Suriasumantri. 2003. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
  4. Uma Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat

Artikel terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: