Data Analysis and Interpreting

Rencana Analisis Data (data analysis plan)

Statistik menyediakan berbagai teknik analisis yang dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis data. Secara umum, analisis data terbagi menjadi dua yaitu deskriptif dan inferensi.

Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan distribusi data seperti persentasi, frekuensi, melalui grafik atau gambar. Distribusi data dimaksud adalah pengukuran tendensi pusat yang menggambarkan nilai mean, median dan modus, sedangkan pengukuran bentuk menggunakan skewness dan kurtosis.

Statistik inferensi digunakan untuk penelitian data sampel, dimana peneliti ingin membuat generalisasi dari data sampel yang diambil. Karena data sampel digunakan untuk memprediksi populasi, maka teknik sampling menjadi sangat penting untuk diperhatikan.  Secara umum, statistik inferensi memiliki tiga jenis yaitu korelasi (hubungan), komparasi (uji beda), dan mencari pengaruh. Statistik inferensial juga dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu statistik parametrik dan nonparametrik yang masing-masing memiliki kegunaan dan syarat tertentu.

 

Analisis Data dan Interpretasi (Data analysis and Interpreting)

Under contruction….

 

 

  1. pak, kalo rumus dalam analisis data deskriptif untuk menghitung persentasi (P=F/Nx100%) itu sumbernya dari mana y? mohon dibalas y

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: