Ukuran Sampel

Alasan Pengambilan Sampel

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan ratusan atau ribuan elemen, secara praktis sangat mustahil untuk mengumpulkan data, menguji atau menelaah tiap elemen. Bahkan jika mungkin, maka hal ini akan terkendala pada waktu, biaya dan sumber daya lainnya.

Dalam kaitannya dengan statistik inferensi / induktif / probabilitas, data sampel dianalisis dan hasilnya dimanfaatkan (generalisasi) untuk populasi.

Ukuran Sampel

Besaran atau ukuran sampel  sangat tergantung dari besaran tingkat ketelitian atau kesalahan yang diinginkan peneliti. Namun, dalam hal tingkat kesalahan, acuan umum penelitian sosial memiliki maksimal tingkat kesalahan sebesar 5% (0,05).

Makin besar tingkat kesalahan maka makin kecil ukuran sampel. Namun yang perlu diperhatikan adalah semakin besar sampel (semakin mendekati populasi) maka semakin kecil peluang kesalahan generalisasi dan sebaliknya, semakin kecil jumlah sampel (menjauhi jumlah populasi) maka semakin besar peluang kesalahan generalisasi.

Beberapa formula untuk menentukan ukuran sampel seperti Tabel Isaac and Michael, Tabel Krejcie dan Morgan, Formula Slovin, Formula Lemeshow, Cohran’s Formula atau lainnya tersedia untuk menentukan besaran sampel yang dapat digunakan dalam penelitian.

Tulisan Terkait dan Referensi :

Populasi dan Sampel

Beberapa pedoman ukuran sampel

  1. Assalamu’alaikum Pak,,,
    Saya mau bertanya,,, tentang studi populasi/sensus,, itu kira2 ada bahasan tentang studi populasi dimana yaa Pak? sementara Dosen saya meminta memakai studi populasi, sedangkan saya belum menemukan bukunya. Terimakasih Pak.

  2. Selamat pagi pak…..
    Saya mau bertanya…saya melakukan penelitian tentang pengaruh kepercayaan mere,kualitas, dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat,.sampel yang saya ambil adalah pengguna sepeda motor Honda beat. MENURUT dosbing saya konsepnya salah seharusnya pembeli bukan pengguna karena keputusan pembelian…bagaimana menurut bapak mohon masukannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: