TWO WAYS ANOVA (ANALYSIS OF VARIANCE)

A PENDAHULUAN

Analisis of variance atau ANOVA merupakan salah satu teknik analisis multivariate yang berfungsi untuk membedakan rerata lebih dari dua kelompok data dengan cara membandingkan variansinya. Analisis varian termasuk dalam kategori statistik parametric. Sebagai alat statistika parametric, maka untuk dapat menggunakan rumus ANOVA harus terlebih dahulu perlu dilakukan uji asumsi meliputi normalitas, heterokedastisitas dan random sampling (Ghozali, 2009).

Analisis varian dapat dilakukan untuk menganalisis data yang berasal dari berbagai macam jenis dan desain penelitian. Analisis varian banyak dipergunakan pada penelitian-penelitian yang banyak melibatkan pengujian komparatif yaitu menguji variabel terikat dengan cara membandingkannya pada kelompok2 sampel independen yang diamati. Analisis varian saat ini banyak digunakan dalam penelitian survey dan penelitian eksperimen.

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai anova satu jalur (one way anova) maka kali ini kita akan membahas mengenai anova dua jalur.

Two ways Anova

Anova dua jalur memiliki perbedaan dibanding anova satu jalur. Perbedaannya adalah pada jumlah variabel independen. Pada anova satu jalur hanya ada satu variabel independen, sementara pada anova dua jalur ada dua atau lebih variabel independen.

B Contoh Kasus

Akan diuji perbedaan gaji berdasarkan jenis kelamin, dan masa kerja.

Data ambil di sini DATA TWO WAY ANOVA

Klik Analyze > General Liniear Model > Univariate

Masukkan variabel gaji ke kotak dependen list, dan masukkan variabel jenis kelamin dan masa kerja ke dalam kotak Fixed Factor seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Klik Options, dan pilih Descriptive dan Homogenity Test

Klik Post Hoc Test, lalu masukkan variabel masa kerja ke kotak Post Hoc Test For. variabel jenis kelamin tidak perlu dimasukkan karena hanya terdiri dari dua kelompok. Tandai LSD dan DUNCAN, lalu klik continue

Klik OK

C. HASIL dan INTERPRETASI

Pertama adalah deskripsi hasil. Berdasarkan output Deskriptif diperoleh rata-rata gaji berdasarkan jenis kelamin dan masa kerja. Pada output di atas terlihat bahwa karyawan laki-laki yang memiliki masa kerja < 5 tahun memiliki rata-rata gaji sebesar 3.7 juta, laki-laki yang memiliki masa kerja 6 – 10 memiliki rata-rata gaji sebesar 3.2 juta dan yang memiliki masa kerja di atas 10 tahun mempunyai gaji rata-rata 2.04 juta (dan seterusnya)

Hasil uji levene test menunjukkan nilai sig sebesar 0.150. Karena sig > 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa model memenuhi asumsi homogenitas.

Selanjutnya, hasil uji ANOVA menunjukkan terdapat pengaruh langsung masa kerja terhadap gaji. Hal ini dapat dilihat dari nilai F sebesar 37.077  dan signifikan pada p = 0.000. (thanks arie atas koreksinya..)

Sementara variabel jenis kelamin ternyata tidak memiliki pengaruh terhadap gaji. Hasil uji menunjukkan nilai F sebesar 0.008 pada sig 0.931 (sig > 0.05).

Nilai R Squared sebesar 0.620 diartikan bahwa variabilitas masa kerja dan jenis kelamin menjelaskan gaji adalah sebesar 62%

Demikian contoh singkat ini..semoga bermanfaat..

Posted on February 7, 2011, in ANOVA, TUTORIAL STATISTIK and tagged , , . Bookmark the permalink. 88 Comments.

  1. Mau tanya, design yag cocok ketika menggunakan two way Annova apa yah??? Misal saya Independent variableny ada Peer correction dan teacher feedback. Dependent variableny writing ability. Nah cara membuat tabel yg benar bagaimana yah? Mohon dibantu untuk proposal skripsi saya. Makasih banyak

  2. pak saya mau tanya… saya mengerjakan skripsi berjudul pengaruh kerapatan mangrove terhadap kelimpahan kerang. itu saya ambil data di lapang, tanpa ulangan, ada 3 stasiun pengambilan, dan 3 kali pengamatan. itu kira2 pakai analisa apa za pak?
    terimakasih

  3. pak saya mau tanya… saya mengerjakan skripsi berjudul pengaruh kerapatan mangrove terhadap kelimpahan kerang. itu saya ambil data di lapang, tanpa ulangan, ada 3 stasiun pengambilan, dan 3 kali pengamatan. itu kira2 pakai analisa apa za pak?
    terimakasih

  4. maaf mau tanya pak kalau analisis anacova 3 jalur contoh variabelnya gmn pak?mksh

  5. Pak, saya berencana menggunakan anova 2 arah. Penelitian saya dengan 2 variabel bebas, 3 variabel terikat.. Setelah uji normalitas salah satu dari variabel terikat tidak terdistribusi normal.. Baiknya uji saya gunakan apa ya pak? terima-kasih

  6. saya sudah mengikuti cara yang diatas, tapi kok kok hasil f dan signnya gak ada? terus ada peringatan seperti ini Post hoc tests are not performed for AKTIVATOR because error term has zero degrees of freedom.
    kira-kira ada kesalahan apa, ya? mohon penjelasannya
    terima kasih

  7. Giri Isna Putra

    pak, saya ingin tanya, skripsi saya ada 1 variabel dependent dan 1 variabel independent. apakah itu bisa dianalisis dengan two ways anova? bagaimana prosedurnya? terimakasih

  8. Pak, saya mau bertanya. Saya memakai uji two way anova. Variabel terikat kadar logam, variabel bebas konsentrasi dan lama waktu. Apakah dalam pengujiannya konsentrasi dan lama waktu perendaman dibuat kategori atau tidak? Saya sdh mengolahnya, dan sigfikansi dan nilai f levene test tidak keluar, hanya keluar tanda titik. Itu maknanya apa y pak? Dan data saya homogen atau tidak? Terima kasih

  9. Pak, maaf mau tanya..sy sedang mengerjakan skripsi, nah variabel bebas saya berupa data interval dengan ada 2 variabel bebas dan variabel terikat saya ada 1 dengan data nominal..nah itu apakah analisisnya juga bisa pake anava pak?trus jenis datanya apakah harus dikonversi terlebih dahulu?maturnuwun

  10. assalamu’alaikum,
    maaf saya sedang nyusun penelitian Pengendalian diri berdasar jenis kelamin dan tingkat pendidikan, sebaiknya untuk post hoc test yang saya centang yang apa ? dan bagaimana kalau hasil sig lebih dari 0.05. jazakumulloh khir katsiro. saya tunggu jawabannya.

  11. Slamat Siang Mas..

    sbelumnya trimakasih atas masukannya…

    yang ingin saya tanyakan,
    mengapa nilai post hoc tes_nya tidak muncul ya Mas?
    apa karena Post hoc test minimal menganalisis 2 variabel???

    mohon

  12. Sy still xfaham..pening..sy punye ade 2 variable ..leadershp style n communication style..
    Stiap variable ad dimension..mcm mane nk buat??

  13. Assalam..maaf pak saya mau tanya. Saat ini saya melakukan penelitian mengenai analisis perilaku konsumen, dan memiliki hipotesis: ada/tidaknya perbedaan perilaku dilihat dari karakteristiknya ( jenis kelamin, profesi, tingkat pendidikan). Sebaiknya saya menggunakan two way atau one way y pak? Mohon sarannya. Terima kasih

  14. assalamu alaikum. sy mw bertanya, penelitian sy adalah mengamati kemampuan daya tahan panas sapi bali dan persilangannya dengan riwayat klhiran kembar dan tunggal. apa bisa menggunakan analisa data two ways anova??

  15. Assalam… saya penelitian menggunakan anova 2 way.. pengaruh peberian makanan a,b,c,d,e (Faktor A) pada hewan x dan y (Faktor B) terhadap pertumbuhan nya. hasil anova nya Faktor A dan B berbeda nyata, serta juga terdapat interaksi antara A dan B terhadap Z. kemudian sy lanjutkan untuk Faktor A dengan uji lanjutan “LSD”. hasilnya, (a) tidak ada perbedaan, (b) berbeda terhadap (c & d), (c) berbeda trhdap (b & e), (d) berbeda terhdp (b), dan (e) berbeda terhadap (c).
    yang ingin saya tanyakan, apakah perbedaan uji LSD pada faktor A itu bisa dispesifikan/diketahui lebih jauh, misalnya pertumbuhan hewan “x” dengan makanan “c”, berbeda nyata terhadap pertumbuhan hewan “y” dengan makanan “e”.. atau memang hanya melihat dari faktor A secara keseluruhan??? trims

  16. maaf cra KEL*MASA gmna tu y

  17. Membantu banget gan …. buat penulisan terbaru saya :) .. great info. thanks

  18. Ini analisa statistik pakai software apa ya?

  19. maaf pak, numpang tnya apa bahasa indonesia nya Type III Sum of Squares, Corrected Model dan Intercept? kalau tidak ada, mohon pengertian istilahnya saja..terimakasih

  20. assalamualaikum,,,,
    mohon bantuannnya ^_^
    kasus saya,,,, uji pengaruh alga,dimana saya menggunakan 2 alga yang berbeda,, dan tiap alga tersebut dibuat 3 konsentrasi yang berbeda,,,,, alga tersebut digunakan pada suatu biota..
    jadi untuk hitungan statistik nya menggunakan apa ya?

    • maaf pak mau tanya, jika saya hanya membandingkan kadar antara 2 kelompok sampel,, uji apakah yang cocok pak? jika memenuhi persyartan homogen dan normalitas dilanjutkan ke uji apa? dan jikka tidak memenuhi kedua persyaratan tersebut dilanjutkan ke uji apa? mohon bantuannya pak. terimakasih

  21. selamat sore mas, saya sedang mengerjakan skripsi. skripsi saya meneliti apakah suatu variabel x memiliki pengaruh terhadap variabel y. selain itu, datanya saya kumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert. ada pernyataan dalam kuesioner tersebut yang merupakan pernyataan positif dan negatif. Uji apa saja yang harus saya lakukan? bagaimana perlakuannya jika dalam kuesioner ada pernyataan yg positif dan negatif. terima kasih

    • pertanyaan positif n negatif tidak masalah…asal disesuaikan saja skor nya…
      Contoh :
      Negatif : anda berniat meninggalkan organisasi. Jika dijawab sangat setuju, maka skornya adalah 1
      Positif : anda berniat berkarir di tempat sekarang sampai pensiun. Jika dijawab sangat setuju.maka skornya adalah 5

      Thanks

  22. assalamualaikum, pak..
    saya mau tanya, saya sedang melakukan penelitian tentang ‘penyembuhan luka dengan menggunakan salep ekstrak belimbing’. disini saya pake salep ekstrak sbg variabel bebasnya juga memakai kontrol dan blanko. dengan variabel terikatnya itu lama waktu penyembuhan (selama berapa hari).kira2 uji apa cocok dengan penelitian saya ini?apakah dengan uji anova ini cocok?
    mohon bantuannya, pak..saya butuh saran dari bapak..terima kasih

  23. aslm.. maf bpk, sy mau tanya..kalo sy melakukan penelitian dengan 2 sampel bahan untuk mencegah peningkatan kadar trigliserida dan kmudian dbandingkan, itu mnggunakan one way ato two way pak? mkasih…

  24. Pak,saya mau analisis hubungan volume urin kumulatif pada jam ke 1-8 dan 8-24 dengan dibandingkan dengan kontrol (normal, hiperurisemia dan ekstrak). bisakah menggunakan two way anova? apakah caranya sama? jika tidak sebaiknya pakai apa? terima kasih

  25. Asalamualaikum
    pak..saya sekarang ini mengerjakan skripsi dengan tema teknik, menurut pembimbing saya, penelitian teknik tidak cocok menggunakan anava dua jalan, tetapi menggunakan deskriptif..anava dua jalan cocoknya untuk pendidikan, apakah itu benar dan apa alasannya pak?? mohon bantuannya!!

  26. Assalamu’alaikum,
    pak, saya mau neliti ttg perbedaan pendidikan org tua dan penghasilan, terhadap aspirasi pendidikan ank, kira2 pake analisis anova apa ya?
    terima kasih,

  27. kalau perbedaan kadar nikotin pada pkerja pabrik rokok 1 dngn pabrik 1 nya menggunakan uji anova apa ya…??? makasih

  28. Assalamualaikum,
    kalo nilai levene test menunjukkan bahwa asumsi homogenitas tidak terpenuhi apakah uji ANOVA boleh dilakukan?…saya coba memroses data pake SPSS hasil uji levene sig 0.037 [<0.05] (berarti asumsi homogenitas tdk terpenuhi) dan dibawahnya muncul tabel hasil uji ANOVA. Apakah ini berarti hasil Uji ANOVAnya tidak memenuhi syarat sehingga tidak bisa/tidak perlu diinterpretasikan?

  29. terima kasih atas informasinya, sangat membantu penelitian saya,.. :)

  30. mau tanya pak..kenapa asumsi equal variances tidak menggunakan uji Bonferroni..Beda Bonferroni dengan LSD itu apa?
    thx.

  31. saya mau tanya pak.
    saya sedang penelitian tentang gaya belajar, yaitu visual, auditori dan kinestetik. ketiga gaya belajar itu diterapkan pada model pembelajaran SAVI dan ekspositori.

    saya mau tau manakah yang lebih baik dari ketiga gaya belajar itu baik dalam model SAVI ataupun ekspositori, itu pakainya anava dua jalur ya pak? lalu bagaimana dengan uji lanjutnya pak?

    terima kasih pak

  32. misal,
    di hipotesis pertama saya menggunakan uji beda
    “apakah ada perbedaan antara kinerja auditor pria dan wanita dalam proses audit judgment?”
    lalu di hipotesis selanjutnya, memakai uji regresi berganda
    tolong dijawab ya pak, makasih

  33. assalammu’alaikum pak
    saya mau tanya
    saat ini saya sedang melakukan penelitian mengenai ‘pengaruh gender, tekanan ketaatan dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment. dengan 3 variabel independen (gender, tekanan ketaatan, dan kompleksitas tugas). pada penelitian terdahulunya, digunakan analisis uji regresi berganda.
    nah, kali ini untuk membedakannya dari penelitian terdahulu, pembimbing saya meminta saya untuk mengganti uji nya menjadi uji beda. yang mau saya tanyankan:
    1. apa dengan mengganti uji beda, berarti saya menjadikan variabel independen gender sebagai variabel moderasi?
    2. uji beda apa yang perlu saya lakukan? apakah two ways anova atau three ways anova atau apa?
    terima kasih pak atas jawabannya, saya benar* butuh saran dari bapak. sekali lagi, terima kasih.

    • Wa’alaikumslm.wr.wb
      variabel kategorinya cuma jenis kelamin…artinya jika mau menggunakan Two-ways ANOVA maka tekanan ketaatan dan kompleksitas tugas harus dibuat dalam bentuk kategori seperti contoh di atas…

      • terima kasih pak.
        mau tanya lagi, perbedaan anova dan ancova itu apa ya pak? perbedaannya two ways anova dengan ancova juga ya pak?

  34. mas, bisa di tampilin input data yang di spss ga? saya bingung format datanya. terimakasih..

  35. Assalamualaikum wr wb
    pak saya mau tanya, apabila rancangan percobaan saya menggunakan satu variabel bebas dan dua variabel terikat, uji apa yang harus saya pakai? mengingat dua variabel bebas saya saling berkorelasi. apakah sy harus menggunakan anova atau manova. tks sebelumnya

  36. Assalamualaikum w.w

    pak, saya mau tanya klo hsl uji normalitas 2 arah, output u/ kolmogorov tidak homogen akan tetapi ternyata u/ shapiro homogen, apakah secara keseluruhan data tersebut dpt dikatan homogen?? trma kasih.

  37. Salam kenal mas,…saya lagi belajar statistika ….materinya tentang anova….

    saya kesulitan mencari data untuk tugas saya….,
    apakah untuk mengolah data anova di excel terlalu sulit mas?

  38. Assalamualaikum wr. wb.
    Mas, mo tanya neh… pengaruh media pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar.. saya bingung menggunakan spssnya.. terimakasih

  39. mas, tanya lagi, apa perbdaan k.related sample dengan k.independen sample. thx

  40. maaf, saya hanya ingin koreksi, tolong dibenarkan jika saya salah.. bukankah untuk analisis 2-anova non parametrik dengan friedman?

    • Friedman Two-Way Analysis of Variance By Rangk adalah analisis non parametrik dengan karakteristik “K related sample”…
      sementara ANOVA yang dijelaskan di atas adalah “k independent sample” dan untuk nonparametrik dengan “k independent sample” adalah Kruskall Wallis..

      Thanks

  41. assalaammu’alaykum wrwb, kalau ingin menganalisis anova dua arah dengan software Minitab, bagaimana ya Pak ? terima kasih

  42. assalamualaikum
    apa uji yang setara apabila syarat two way anova tdk terpenuhi?

  43. Assalamualaikum ww
    Pak…terimakasih atas informasinya…
    mohon bantuan, saya ingin meneliti kontribusi pengembangan diri dan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi guru..
    bagaimana statistiknya? analisis apa yang sebaiknya digunakan?
    bagannya langsung apa tidak pak?
    mohon bantuannya pak…
    terimakasih

    wassalam

  44. R square fungsinya untuk mengetahui apa?
    thx
    tolong bantuannya lagi skripsi soalnya…………..thx

  45. Mau tanya :
    1.Fungsi intercept itu apa yach?
    2. Bukannya nilai F untuk masa 37,077 sedangkan 15,346 untuk model ?
    3. Asumsi equal variance yang sering dipake apa yach?

    Thx b4

    Arie

    • @Arie
      1. intercept (μ) adalah nilai constant dari overall mean. Tapi dalam Anova nilai ini tidak diinterpretasi seperti halnya persamaan regresi
      2. Betul…thanks koreksinya…
      3. bonferroni-tukey

Leave a Reply

