UJI FRIEDMAN (UJI BEDA > 2 RELATED SAMPLE)

SERI NON PARAMETRIS : FRIEDMAN TEST

UJI BEDA > DUA SAMPEL BERHUBUNGAN

UJI FRIEDMAN

Uji Friedman dilakukan untuk mengetahui perbedaan lebih dari dua kelompok sampel yang saling berhubungan. Data yang dianalisis adalah data ordinal, sehingga jika data berbentuk interval atau ratio sebaiknya dirubah dulu ke bentuk ordinal.

Uji Friedman merupakan alternative dari ANOVA satu jalur. Uji ini dilakukan jika asumsi-asumsi dalam statistik parametris tidak terpenuhi, atau juga karena sampel yang terlalu sedikit.

Contoh Kasus

Seorang guru ingin mengetahui bagaiman respon siswa dalam belajar dengan memberikan 4 metode yang berbeda. Pada minggu pertama diberikan metode A, minggu kedua diberikan metode B, minggu ketiga diberikan metode C, dan minggu ke empat diberikan metode D.

Masing-masing metode dilakukan pengukuran mengenai reaksi dan keaktifan siswa dalam menerima pelajaran yang diukur dengan skala odinal 3 kategori yaitu buruk – sedang – baik

DATA

PENYELESAIAN

Klik Analyze – non parametric – pilih k related sample

Masukkan metode A, B, C, dan D ke test variable

Pilih Statistic, lalu pilih descriptive..

Tetap pada pilihan Friedman, lalu klik OK

 

HASIL

Pada hasil deskriptif terlihat rata-rata pada metode A  adalah sebesar 1.6, B sebesar 2.1, C sebesar 1.7 dan D sebesar 2.1

Deviasi standar masing-masing sebesar 0.502 (A), 0.307 (B), 0.550 (C) dan 0.587 (D)

PENGUJIAN HIPOTESIS

Pada tabel test statistic terlihat bahwa besaran nilai Chi Square = 13.630 dan asymp sig 0.003. Hasil uji signifikansi Chi Square menunjukkan bahwa sig < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa empat metode belajar yang diberikan memberikan reaksi yang berbeda dari siswa.

Dari hasil ranking diketahui bahwa metode D mendapat respon paling tinggi, disusul metode B, kemudian C dan terakhir A.

Selanjutnya adalah

Uji Kendall’s W dan Cohran’s Q

8 thoughts on “UJI FRIEDMAN (UJI BEDA > 2 RELATED SAMPLE)

  1. diawal disebutkan bahwa uji friedman test merupakan alternatif dari uji anova one way, tp setelah saya baca dari sumber lain, uji anova one way membandingkan data dari sampel tidak berpasangan sedangkan uji friedman test merupakan uji perbedaaan nonparametrik sampel berpasangan. sehingga, saya ingin meminta penjelasan lebih lanjut mengenai uji parametrik dari uji friedman test

  2. mas, apa perbedaan chi kuadrat, kruskall walis dan friedman? Maksudnya, kpn masing-masingnya digunakan? Beda Contoh kasusnya gmn?

  3. Udah pernah ada g yang make uji friedman untuk penelitian ??? mohon dikirim dong alamat web nYa …
    thnx…,

Leave a comment