Rancangan Acak Kelompok dengan SPSS

TUTORIAL SPSS : RANCANGAN ACAK KELOMPOK (RAK)

Oleh : Hendry

Rancangan acak kelompok (RAK) sering disebut dengan randomized complete block design (RCBD). Pada rancangan ini terdapat pengelompokan perlakuan secara lengkap pada kelompok yang diamati. Secara teknis, RAK diuji dengan teknik ANOVA dua jalur.

Metode Siram

Jenis Pupuk

o

B1

B2

B3

B4

A1
A2
A3

Studi Kasus

Seorang peneliti ingin pengaruh metode penyiraman (A) dan jenis pupuk (B) pada pertumbuhan pohon. Ada tiga metode penyiraman (A1 = 1x sehari, A2 = 2x sehari, A3=3x sehari) dan masing-masing 3 jenis pupuk (B1, B2, B3). Tetapi selain itu ada juga kelompok kontrol, yaitu pohon yang tidak disiram dan tidak diberi pupuk (A0 dan B0).

Lengkapnya silahkan TUTORIAL SPSS RAK

One thought on “Rancangan Acak Kelompok dengan SPSS

  1. saya ingin bertanya pak,, kalau misalnya suatu penelitian mempunyai 2 faktor yang ingin dteliti misal faktor A terdiri dari 2 taraf dan faktor B terdiri dari 5 taraf dengan masing-masing dua kali ulangan,, apakah penelitian tersebut dapat menggunakan rancangan acak kelompok atau rancangan acak lengkap faktorial? karena hanya 2 taraf pada faktor A apakah boleh digunakan analisis ANOVA? dan uji lanjutan apa yang sebaiknya digunakan? terima kasih,,

Leave a comment