Aplikasi Regresi Liner Sederhana dengan SPSS

REGRESI SEDERHANA

Analisis ini menurut Sugiyono (200) digunakan oleh peneliti bila peneliti bermaksud meramalkan bagaimana keadaan (naik turunnya) variabel dependen (kriterium), bila ada satu variabel independen sebagai prediktor dimanipulasi (dinaik turunkan nilanya). Persamaan yang diperoleh dari regresi sederhana adalah Y = a + b X

y              =  adalah subjek nilai dalam variabel terikat yang diprediksikan

a              = harga Y bila X = 0 (harga konstan)

b             = angka arah koefisien regresi

X             = subjek pada variabel bebas yang mempunyai nilai tertentu.

Untuk memperoleh hasil perhitungan Regresi, dapat dilakukan dengan tiga cari yaitu perhitungan manual, menggunakan fungsi pada MS. Excel, atau menggunakan Software Statistik (dalam contoh ini digunakan SPSS)

Asumsi yang diperlukan untuk analisis ini adalah uji normalitas. Uji normalitas diperlukan untuk mengetahui apakah data yang terkumpul dari setiap variabel dependen dan independen atau keduanya mempunyai distribusi normal atau tidak. Model regresi yang baik adalah yang mendekati normal (Imam Ghozali,2009).

Untuk melihat model regresi normal atau tidak, dilakukan analisis grafik dengan melihat “normal probability report plot” yang membandingkan antara distribusi kumulatif dari data sesungguhnya dengan distribusi normal. Distribusi normal akan membentuk satu garis lurus diagonal dan ploting data akan dibandingkan dengan garis diagonal. Jika distribusi data normal, maka garis yang menggantikan data sesungguhnya akan mengikuti garis diagonalnya (Imam Ghozali, 2009).

Contoh Kasus :

Pak Hasan ingin mengetahui pengaruh kepuasan kerja (X) terhadap kinerja (Y)  karyawannya. Kuesioner kepuasan kerja di adaptasi dari Job Description Index (JDI)) yang dikembangkan oleh Hulin meliputi lima dimensi kepuasan kerja yang dirasakan karyawan yaitu kepuasan terhadap jenis pekerjaan, kesempatan promosi, supervisi, gaji atau upah, dan rekan kerja dengan jumlah total pertanyaan sebanyak 20 item. Sementara kinerja diukur berdasarkan

Ukuran-ukuran dari kinerja pegawai menggunakan lembar evaluasi kinerja yang disusun dikembangkan dari panduan evaluasi kinerja dari James E. Neal Jr (2003) antara lain terdiri dari 7 dimensi yang kemudian dikembangkan menjadi 26 indikator (item pernyataan).

Jumlah sampel  penelitian adalah seluruh karyawan yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan hasil penyebaran angket diperoleh skor yang dapat dilihat di sini..datareg1

Setelah data dimasukkan ke dalam SPSS, maka analisis dilakukan :

Klik Analyze Regression Linier

masukkan Variabel kinerja (Y) ke dalam dependent box, dan kepuasan kerja (X) ke dalam independent box.

Klik Plot, lalu beri tanda pada Histogram dan Normal Probability Plot (ini untuk uji normalitas), lalu Klik Continue, lalu OK

Output

Interpretasi

A. KORELASI

Berdasarkan hasil analisis seperti yang ditampilkan Tabel di atas (Tabel Model Summary) diketahui bahwa korelasi parsial antara kepuasan kerja dan kinerja pegawai dengan korelasi product moment by Pearson. Hasil korelasi parsial didapat nilai r hitung sebesar 0,772.

Nilai korelasi ini tergolong kuat (> 0,600) dan memiliki nilai positif sehingga dapat dikatakan pola hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja adalah searah. Artinya, semakin tinggi kepuasan maka kinerja pun akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya, semakin rendah kepuasan kerja maka kinerja-pun akan semakin rendah.  Koefisien determinasinya (KD) menunjukkan nilai sebesar 0,597 atau sebesar 59,70% (dibulatkan 60%) dari hasil (r2 x 100%). Artinya variasi perubahan kinerja dipengaruhi oleh kepuasan kerja sebesar 60% dan sisanya 40% dipengaruhi faktor lain selain kepuasan kerja.

B. REGRESI

Dari Tabel Coefficients diperoleh persamaan : Y = 20.268 +  1,035 X

Konstanta sebesar 20.268 menyatakan bahwa jika variabel kepuasan kerja bernilai nol, maka kinerja pegawai adalah sebesar 20.268 satuan

Koefisien regresi sebesar 1,035 pada variabel kepemimpinan, maka akan menyebabkan kenaikan sebesar 1.035 satuan pada kinerja

Selanjutnya, apakah model yang terjadi tersebut telah memenuhi asumsi normalitas?

Berdasarkan hasil uji terlihat bahwa Grafik Histogram memperlihatkan sebaran data menyebar ke seluruh daerah kurva normal, sehingga dapat dinyatakan bahwa data mempunya distribusi normal. Sementara hasil uji menggunakan P-P Plot menunjukkan bahwa data mengikuti garis diagonal sehingga dinyatakan bahwa data berdistribusi normal.

C. Uji Hipotesis

Dari hasil perhitungan didapat kesimpulan bahwa kepuasan kerja (X) memiliki hubungan yang siginifikan dengan kinerja. Hasil uji t (Tabel Coefficients) diperoleh nilai t hitung sebesar 7.194.

Sedangkan statistik tabel (t tabel) diperoleh dari Tabel t (terlampir) sebesar 2.028 artinya t hitung > t tabel (7,194 > 2.028). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa, variabel bebas kepuasan kerja (X) secara parsial memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja  (Y). hasil uji t ini sejalan dengan sig 0.000 yang jauh lebih kecil dari alpha 0.05 sehingga disimpulkan bahwa X memiliki pengaruh signifikan terhadap Y

Referensi :

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : BP-UNDIP

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administasi. Bandung : Alfabeta

Posted on December 19, 2010, in Regresi Sederhana and tagged , , . Bookmark the permalink. 64 Comments.

  1. mas saya mau nanya, item pertanyaan variabel X saya ada 15 dan variabel Y nya ada 11. ketika uji koefisien korelasi, hasilnya sangat kecil. hal ini mungkin disebabkan karena perbedaan jumlah pertanyaan. apakah ada cara untuk mengatasi hal ini?

  2. Pak saya mau Tanya, saya mengerjakan skripsi dengan menggunakan skala guttman panda variabel x dan likert pada variabel y, hanya ada 1 variabel x, apakah data kuesioner yg di dapat bisa diolah dengan menggunakan regresi linier sederhana? Dan jika bisa bagaimana cara mengolahnya?, mohon pencerahannya pak, terimakasih

  3. Mas..numpang tanya..saya bantu tmn saya dlm mengolah data di spss.
    2 var bebas dan 1 var terikat..smua dg kuesioner pakai skala likert (5 tingkat)
    Yg mau saya tanya..data sudah saya olah tp tetap tdk normal..berarti pakai non parametrik kan?
    Tp apa tetap bs pakai regresi berganda? Atau regresi yg lain?
    Trus apa tetap harua diuji asumsi klasik (heteroskedasitas,monokolineritas,dll) walopun pakai non parametrik(krn data tdk normal)?

    Trims

  4. mas.. cara nyari t tabel seperti apa ya.. dan hasil saya ketemu min (-) berarti maksudnya hubungannya negatif yah.. berbanding terbalik… bukan begitu? trima ksh

  5. selamat siang mas,
    mohon bantuannya mas, saya hampir sama kasusnya sma mb nuri, nilai b2 saya negatif, jadi SR (sumbangan relatif) dan SE (sumbangan efektifnya) untuk prediktor x2 juga negatif, apa itu benar ya mas, atau ada yg salah?, terima kasih

  6. mas mau tanya gmana cara mentarnsform data agar menjadi signifikan mas, data yang saya pakai regresi sederhana

  7. misi mas mau tanya tentang olahdata regersi linearnya mas.. judul skripsi saya “pengaruh program csr dalam membangun citra perusahaan.” di kuesioner pertanyaan untuk variabel x ada 10, dan di variabel y ada 6. nah pas dimasukin ke dependent nya cuma bisa 1 variabel y mas. itu gmna ya supaya semua jwbn dr 6 pertanyaan di variabel y itu bisa masuk semua ke dependent.. mohon pencerahannya mas….. makasih :)

  8. mas maaf saya mau tanya, saya menggunakan metode regresi linear berganda dengan kusioner, pada regresi linear berganda dibutuhkan variabel y, dengan menggunakan data kusioner bagaimana cara menentukan jumlah variabel y ? apakah jumlah dari variabel x atau bagaimana saya baru pertama, mohon bantuan nya mas. terimakasih :)

  9. mas mau tanya, untuk menentukan nilai optimal saya menggunakan trunan prsamaan rgresi dy/dx=0
    nah setelah kta mngtahui nilai x kta masukkan ke persamaan utk mngetahui nilai y, tetapi kk nilai y saya berbeda jauh tidak sesuai dengan hasil pada pnelitian, kata dosen saya itu perlu konversi, saya bngung konversi yg bgaimana? trmkasih sblumnya

  10. mas, saya mau nanya yang dimasukkan dalam kolom dependent dan independen variabel pada waktu analisis regresi itu merupakan total skor jawaban kuesioner per variabel ya ?? bukan rata-rata jawaban kan ? saya bingung disini.. trimakasih sebelumnya

  11. selamat malam, saya mau tanya,saya sudah mengolah data dengan menggunakan analisis regresi berganda, dan salah satu variabelnya memiliki tingkat sig. 0,050 sedangkan taraf sig. yang saya gunakan juga 0,05 apakah variabel terseut dikatakan sig. atau tidak ya? sedangkan yang saya tahu, variabel dikatakan sig jika nilai sig yang diperoleh < 0,050. apakah ada literaturnya? terimakasih.

  12. selamat siang.
    saya ingin menanyakan uji asumsi klasik apa saja yang dibutuhkan dalam asumsi klasik?

    mohon bantuannya
    terima kasih :)

    • mungkin maksud anda asumsi klasik pada regresi linier ganda ya ?
      1. The dependent variable is linearly related to the coefficients of the model and the model is correctly
      specified.
      2. The independent variable(s) is/are uncorrelated with the equation error term.
      3. The mean of the error term is zero.
      4. The error term has a constant variance (homoscedastic error). No heteroscedasticity.
      5. The error terms are uncorrelated with each other. No autocorrelation or serial correlation.
      6. No perfect multicollinearity. No independent variable has a perfect linear relationship with any of the
      other independent variables.
      7. The error term is normally distributed (optional assumption for hypothesis testing).
      Source : http://kenfarr.gcsu.edu/assumptions%20of%20the%20classical%20model.htm

  13. Mas, terus terang saya awam. Baru mulai belajar, belum ketemu angka 32.251 kenaikan kinerja itu dari mana? Tks

  14. mas,,saya sedang menghitung hasil dari kuisioner,.tapi saya bingung cara mengubah data ordinal menjadi interval menggunakan SPSS 18..mohon bantuanya mas..

  15. Blog yg bagus mas, mungkin saya ingin bertanya secara teknis menggabungkan pertanyaan kuesioner yang banyak (80 item pertanyaan) menjadi nilai pada variabel X dan Y nya pada penelitian saya?
    Kalau dari contoh di atas, dari 20 pertanyaan (X) dan 26 pertanyaan (Y) menjadi 1 variabel X dan Y yang bisa diproses ke SPSS.. (maaf saya kurang mengerti soalnya mas) terimakasih

  16. saya mau tanya. sumbangan relatif dan sumbangan efektif kalau dri SPSS apakah betul dilihat dari R Square dan Adjusted R Square? terimakasih

    • jika variabel bebasnya lebih dari 1..direkomendasikan menggunakan adjusted R Square…ini karena r square memiliki kecenderungan naik ketika ada penambahan variabel bebas baru meskipun variabel baru tersebut tidak signifikan…

  17. Selamat siang, mas kalo nilai konstantanya 2,809E-16 dengan Sig. 1.000 dan koefisien regresinya 0,888. Bagaimana menginterpretasikannya ya? Thx.

  18. tiara erissa devina

    mas, apa bisa kasih contoh mengubah data kuesioner (skala likert) menjadi data interval (yg akan dimasukkan spss) seperti contoh yg diatas yg 67, dst.. untuk dijadikan persamaan regresi

  19. koefisien korelasi = menentukan hubungan,
    kenapa pada banyak skripsi dan tesis di gunakan untuk judul yang mencari “pengaruh”???

  20. kalau setelah dilakukan uji normalitas trnyata distribusi data tidak normal, apakah kemudian ujinya dilakukan yg non parametric? jenis ujinya? spearman atau koefisien kontingensi? terima kasih..

  21. saya mau tanya pak klo uji sample saya datanya banyak yg tidak valid bagaimana caranya supaya bisa valid??? saya bisa minta emailnya atw no tlp???

    • 1. adaptasi kuesioner yang sudah terbukti validitas dan reliabilitasnya
      2. tambah responden
      3. kadang…responden mengisinya asal-asalan. untuk itu beri motivasi responden seperti menyediakan souvenir untuk responden yang bersedia mengisi angket…

  22. Rizky Yeni wulandari

    selamat pagi, saya mau tanya soal kuesioner yang di masukan ke linier sederhana tp hasil’a selalu 013. apakah ada yang salah dalam kuesioner or gimana ?? minta solusi

  23. klo kuesioner menggunakan skala likert maka penggunaan analisis regresi linier sederahana tepat atau tidak? soalnya saya pernah baca klo skala likert itu adalah skala ordinal.. sedangkan regresi linier sederhana digunakan untuk skala interval..
    klo seperti itu apa boleh skala likert diasumsikan sebagai skala interval?

    • coba iseng-iseng kamu browsing paper internasional..khususnya penelitian manajemen, psikologi, sosial, dst…
      rata-rata likert digunakan untuk korelasi, regresi, dst…
      perdebatan tentang apakah likert itu ordinal or interval itu udah gak relevan lagi…

  24. mas, saya sedang penelitian mengggunakan regresi linear sederhana dengan y= a+bx. setelah mendapatkan hasilnya, cara untuk uji hipotesisnya gimana ya??? mohon bantuannya. thanks

  25. pak, saya sedang mengolah data untuk TA.
    saya menggunakan regresi sederhana dengan 1 variabel independent dan 2 variabel dependen. bagaimana cara menggabungkan variabel dependen tersebut supaya menghasilkan 1 hipotesis dan tidak melakukan 2x regresi ?
    terimakasih.

  26. pak,,jika saya meneliti hubungan dimana var independenx 1 dan var dpendenx ada 2 (pengetahuan dan sikap), sy ingin hubungan var indpn dg var dpenden tsb mendapatkan 1 hipotesis.apakah sy bisa menggunakan korelasi spearman?bgaimana menggabungkan 2 var dpenden tsb?trima ksh

  27. jika melakukan pengujian hipotesis dengan regresi linier sederhana apakah harus melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu? jika iya, uji asumsi klasik apa saja yang harus dilakukan?.. terimakasih

  28. Mas mau tanya saya mau mengolah hasil kuesioner menjadi data X dan Y itu bagaimana langkah2nya ya? kemarin sudah saya coba tetapi masih pake cara konversi data untuk jalur analysis path, apakah itu salah?

  29. mau nanya, saya punya judul pengaruh komunikasi efektif terhadap kinerja karyawan, itu pk rumus regresi ya??saya pake kuisioner dengan metode skala likert.. itu tahap-tahap perhitungannya gmn ya??

  30. dalam regresi terdapat persamaan y = a+bx
    mau tanya nama lain b dalam peramaan tersebut apa ya mas atau pak, selain arah, gradien, TERIMA KASIH

  31. [Quote]karyawannya. Kuesioner kepuasan kerja di adaptasi dari Job Description Index (JDI)) yang dikembangkan oleh Hulin meliputi lima dimensi kepuasan kerja yang dirasakan karyawan yaitu kepuasan terhadap jenis pekerjaan, kesempatan promosi, supervisi, gaji atau upah, dan rekan kerja dengan jumlah total pertanyaan sebanyak 20 item. Sementara kinerja diukur berdasarkan

    Ukuran-ukuran dari kinerja pegawai menggunakan lembar evaluasi kinerja yang disusun dikembangkan dari panduan evaluasi kinerja dari James E. Neal Jr (2003) antara lain terdiri dari 7 dimensi yang kemudian dikembangkan menjadi 26 indikator (item pernyataan).

    Jumlah sampel penelitian adalah seluruh karyawan yang berjumlah 37 orang.[/Quote]

    Tanya : cara skoringnya gimana ya pak? spt kasus saya, dimana var. X saya terdiri dari 2 dimensi, dan var. Y saya terdiri dari 5 dimensi, kemudian jml item pernyataan ada 17, masing 8 pernytaan utk (X) dan 9 pernyataan utk (Y). dan jumlah N saya 100. Saya terhambat disini, krn tidak mengerti .

    • gunakan skala numerik 7 titik sebagai skala ukurnya…
      uji reliabilitas dan validitas masing-masing item dan variabel
      karena terbagi menjadi dua dimensi (var X)…saya sarankan gunakan analisis faktor untuk uji validitasnya…

      thanks

  32. mas,,pas saya baca contoh diatas saya masih bingung cara nentuin t tabel,, klo contoh diatas n=37, berarti df=37-2=35, sedangkan di tabel kan df=35 gak ada trus nentuinnya gimana??? trus cara nentuin one-tail atau two-tailnya gimana?????
    thanksb4

  33. mas,,saya sedang penelitian,,menggunakan analisis linier berganda : Y=a+b1X1+b2X2
    setelah diolah datanya didapat nilai b1 bernilai negatif,, apakah ada yang salah dengan penelitian saya? terimakasih

Leave a Reply

