Path Analysis with LISREL (chapter 1)

Path Analysis with LISREL

Tutorial Chapter 1

Saya pernah membahas analisis jalur dengan SPSS, dan sekarang akan saya buat tutorialnya dengan LISREL 8.80

Bagi yang belum punya LISREL 8.80 silahkan download gratis di situs nya

Note : hanya digunakan untuk media pembelajaran bagi mahasiswa yang sedang belajar atau siapa saja yang mempelajari LISREL

KONSEP ANALISIS JALUR

Estimation method: Simple OLS dan maximum likelihood digunakan untuk memprediksi jalur

Path model: Adalah diagram yang menunjukkan independent, perantara, dan dependent variables.  Tanda panah satu arah menunjukkan pengaruh untuk independent, intermediate dan dependent variable.  Panah dua arah menunjukkan covariance antara dua variabel.

Exogenous and endogenous variables: Variabel eksogen adalah variabel penyebab (independent) dan endogen adalah variabel outcome (dependent)

Koefisien Jalur (Path coefficient) : adalah standardized regression coefficient (beta), menunjukkan pengaruh langsung dari independent variabel ke dependen variabel dalam model

Disturbance terms:Residual error atau istilahnya ganngguan.  Istilah gangguan mencerminkan varians yang tidak terjelaskan atau kesalahan pengukuran (measurement error.)

Direct and indirect effect:Model jalur memiliki dua jenis efek. Yang pertama adalah efek langsung, dan yang kedua adalah efek tidak langsung. Ketika variabel eksogen memiliki panah diarahkan pada variabel dependen, maka dikatakan efek langsung. Ketika sebuah variabel eksogen memiliki efek pada variabel dependen, dengan variabel eksogen yang lain, maka dikatakan efek tidak langsung. Untuk melihat total efek dari variabel eksogen, kita harus menambahkan efek langsung dan tidak langsung. Satu variabel mungkin tidak memiliki efek langsung, tetapi mungkin memiliki efek tidak langsung juga.

Asumsi :

Hubungan variabel harus linier

Data Minimal berskala Interval

Error terms tidak berkorelasi dengan variabel manapun.

Disturbance terms sebaiknya tidak berkorelasi dengan endogenous variables.

Multicollinearity: terdapat multiko yang rendah

Sample size: > 100

CONTOH KASUS : STUDI DILLON AND GOLDSTEIN

Variabel Penelitian :

Achievement motivation (Achmot)

Self-Esteem (Selfes)

Verbal Inteligent (Verbitel)

Performance (Perform)

Job Satisfaction (Jobsatis)

Rumusan Masalah :

Pengaruh Achmot Achievement motivation (Achmot), Self-Esteem (Selfes), dan Verbal Inteligent (Verbitel) terhadap performance

Pengaruh Achmot Achievement motivation (Achmot), Self-Esteem (Selfes), dan Performance (Perform) terhadap job satisfaction

1. MEMPERSIAPKAN DATA

Data yang akan kita import ke PRELIS adalah data dalam bentuk SPSS (.SAV). Jumlah sampel sebanyak 169 orang pegawai.

Klik FILE – IMPORT DATA IN FREE FORMAT.

Disini..posisi File saya ada di C:\TUTORIAL LISREL\LATIHAN4\DATAPATH1

Tampilan PRELIS

Simpan data PRELIS dengan nama : LATIHAN1.PSF

2. MENENTUKAN JENIS DATA

Klik DATA – DEFINE VARIABLES

Klik VARIABLE TYPE – Pilih CONTINUES dan Klik APPLY to ALL

3. MEMBUAT SIMPLIS PROJECT

Klik FILE – NEW – Lalu Pilih SIMPLIS PROJECT

Beri Nama “ANALISIS JALUR”

Tampilan SIMPLIS PROJECT

4. MEMANGGIL DATA PRELIS

Klik SET UP – pilih VARIABLES

maka akan tampil sbb :

Pada box Observed Variables..pilih Add/Read Variables

Pilih PRELIS System File, lalu cari dimana anda menyimpan file LATIHAN1.PSF

Klik NEXT, lalu pada kotak Number of Observation..masukkan jumlah observasi (dalam contoh ini adalah 169), lalu klik OK

5. MEMBUAT SIMPLIS SYNTAX

Klik SETUP lalu pilih BUILD SIMPLIS SYNTAX

Maka akan tampil otomatis Syntax berikut ini :

Tambahkan Syntax Sbb sehingga secara lengkap Sbb :

===

Raw Data from file ‘C:\TUTORIAL LISREL\LATIHAN 4\LATIHAN1.psf’

Sample Size = 169

Relationships

Perform = Achmot Selfes Verbitel

Jobsatis = Achmot Verbitel Perform

Options: SS EF

Path Diagram

End of Problem

===

6. EKSEKUSI PROGRAM

HASIL DAN INTERPRETASI

Bersambung ke Path Analysis with LISREL (chapter 2)

54 thoughts on “Path Analysis with LISREL (chapter 1)

  1. mau tanya kalau data yang digunakan adalah data sekunder bukan kuisioner dan n=11 boleh menggunakan lisrel tdak?
    terus saya sudah coba uji normalitas dan ada keterangan salahsatu atau lebih variabel itu ada yang multikol…bagaimana agar data tersebut tidak terjadi multikol?

  2. Halo pak, saya tania mahasiswa magister yang sedang olah data tesis. saya sudah ke tahap input sintax nya. pas saya save kemudian run lisrel kok errorr ya.. keterangannya dia gak mau muncul pathnya. itu gmn ya pak ? biasanya erorr dimananya? terimakasih pak..

  3. assalamua,alykum mas,,

    degrees of fredom saya negative ( katanya fatal error) itu gmna ya mas ? terus output path diagram nya gak muncul2, kira2 kesalahan nya dmana ya mas?

    mohon dijawab, terima kasih:)

  4. Assalamualaikum… maaf pak mau tanya cara mengcopy diagram path ke word gimana ya pak? terimakasih atas jawabannya pak.

  5. Pak saya mhs yg sedang tugas akhir, pake lisrel 8.80 pak ada yg mau saya tanyakan
    1. Pak data saya tidak normal, lalu saya normal score kan, tetap tidak normal, apa yg sebaiknya saya lakukan, agar data saya normal?
    2. Pak saya mau tanya tentang tahapan robust MLE itu bagaimana pak?
    3. Pak saya simpan file dlm acm (asymptotic covariance matrix), tpi waktu saya pake file acm,, file acm saya tidak keluar (file is not found), saya save sudah sesuai petunjuk di buku, apa ada yg salah pak?
    Mohon balasannya pak, terima kasih

    1. coba simpan asymtotic cov matrix nya mas..pastikan file tersebut tersimpan di folder yang dituju
      note : saya juga terkadang gagal menyimpan file acm nya..

  6. salam,

    saya mau tanya pak,

    1. Untuk uji path analysis apakah datanya harus valid dan reliabel dulu? atau data mentah langsung dari kuesioner langsung dapat di uji dengan lisrel?

    2. Untuk masalah Sytax yang di (Options: SS EF) option SS EF SC RS ini maksudnya apa ya?

    Terima kasih.

  7. pak, ingin bertanya
    jika Y atau dependent varabelnya dalam bentuk ratus ribuan sedangkan X1 dan X2 dalam bentuk puluhan bahkan satuan, apakah ada pengaruh terhadap nilai koefisien dll?

    terima kasih

  8. pak saya mau bertanya,
    setelah mengolah data path analysis, ketika di run path diagramnya tidak muncul, kira2 itu kesalahan di step mana ya pak?

      1. Pak, bukan kah karena aitemnya negtiv sehingga tidak muncul path diagramnya?
        kalau negativ bagaimana bisa begitu pak

        Mohon jawabannya pak.
        terima kasih

  9. Pak,,, data tidak multivariate normal dalam Path Analysis kan bisa menggunakan asypmtotic covariance, berarti kita akan menggunakan Robust MLE.
    – dasar penggunaan Asymptotic apa pak?
    – hubungan Asymptotic terhadap Robust MLE ??
    – bedanya dengan MLE biasa gmn pak?? baik dari segi pengerjaan lisrel maupun interpretasi output.
    – syarat model kita fit gmn pak? (output lisrel tidak menyimpulkan model saturated ato tdk)
    – kapan menggunakan model triming?
    – Apakah ada syarat minimal Rsquare yg harus dipenuhi??

  10. Assalamualaikum, pak..saya lg nyusun tesis, Apakah Path Anysis ada kaitan dengan analisis dengan AHP (Analytic Hierarcy Process) ya?maksudnya dianalisa dengan AHP trus dianalis lagi dengan Path Analysis…trims jawabannya…

    1. mirip..namun pada AHP seringkali dependennya tetap, (path dependennya bisa diganti-ganti sesuai dengan model yang diusulkan). AHP lebih bertujuan untuk menguji efek dari var kontrol, main effect, dan variabel interaksi pada model regresi

  11. maaf pak…sy skrng sedang mengerjakan tesis, path diagram tdk mau muncul, penyebanya apa ya pak?mohon pencerahan

  12. Terimaksih Mas…., artikelnya banyak membantu saya. Apakah ada tulisan lain mengenai langkah2 dalam SEM menggunakan Lisrel 8.8, seperti contoh Analisis Jalur yang Bapak tulis? Bila ada, apakah kata kunci untuk menemukan tulisan langkah SEM menggunakan Lisrel 8.8 yang Bapak tulis?kemanakah saya harus mencarinya?, mohon di bantu ya Mas…, terimakasih sebelumnya.

  13. pak, mau tanya..
    bagaimana model jalurnya kalau misalkan ingin melihat pengaruh pembelajaran terhadap motivasi dan kemampuan kognitif?

  14. Pak saya phie piter saya mau tanya pak

    1. Faktor faktor apa yang menyebabkan data sem tidak memenuhi model fit seperti chisquare kurang dari 0.05 dan gfi kurang dari 0.90 dan semua tidak yang memenuhi syarat fit

    2. Bagaimana caranya memperbaiki data yang memenuhi model yang fit atau data yang tidak memenuhi asumsi klasik
    Mohon bantuanya pak karena saya belajar amos dan sem sudah kurang lebih 3 tahun belum dikuasai kalau bisa diemail di no email saya
    Phie@yahoo.com

  15. Salam,

    Pak, tolong jelaskan bagaimana saat membuat pembahasan hasil penelitian tentang pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengaruh total dari variabel yang diteliti.
    Misal, Judulnya adalah Pengaruh Tidak Langsung Nilai Tukar terhadap Pertumbuhan Ekonomi melalui Investasi. Terimakasih, Pak…

  16. maaf pak , nama saya Dogol Harjono….gimana cara penulisan syntax lisrel yang benar….saya pake data raw, tp masih fatal error….pake covariance, bisa jalan….padahal di buku2 ada petunjuk dgn data raw, tp bisa jalan…syntaax umum nya seprti apaa pak..seumpama pake data raw atau dgn covariance…trus ada ditulis jg observed variable tp ada yang gak ditulis…mohon penjelasannya…makasih…

    1. mau mudah (dengan raw data)..gunakan langkah2 di atas…itu pake “BUILD SIMPLIS SYNTAX”..jadi tinggal menambahkan perintah di bawah baris “relationship”

  17. assalamualaikum…bapak saya mahasiswa akuntansi yang sedang melakukan penelitian tentang pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening.modal intelktual diproksikan menggunakan VAICTM yg dibangun dr VACA,VAHU,STVA dan nilai perusahaan diproksikan menggunakan EPS dan kinerja keuangan ROE.pada jurnal utama saya menggunakan path analisis.yang ingin saya tanyakan kenapa pada jurnal utama saya menggunakan path analisis?apakah ini ada hubungannya dengan penggunaan variabel intervening.Untuk penelitian saya sebaiknya menggunakan metode apa ya pak?
    terima kasih atas perhatiannya
    saya sangat mengharapkan balasannya via email
    tolong email ke oky_kiki_rizky@yahoo.com

  18. Permisi, Pak….
    Saya mau bertanya
    1. Bila saya mengolah data u/ analisis jalur dengan SPSS apakah juga harus memenuhi kelima asumsi klasik dalam regresi ?
    2. Bila menggunakan metode MLE melalui LISREL apakah juga harus memenuhi memenuhi kelima asumsi klasik dalam regresi ?
    Mohon pencerahannya, Pak.. Terima kasih.

  19. pak,saya mau tanya..
    skripsi saya menggunakan analisis jalur,pada output lisrel tertulis model is saturated,the fit is perfect
    itu sebabnya apa?apakah model tsb bisa dianalisis lebih lanjut?
    terima kasih

  20. maaf pak mau bertanya lagi.
    apakah lisrel ada batasan banyaknya item?
    saya mau mencoba menggabungkan modelnya menjadi satu. item yg saya gunakan 51 tetapi pada lisrel hanya muncul 50 item.

    trimakasih lagi pak

  21. yang muncul pada output
    fatal error adalah degress of freedom is negative.
    apakah karena hal tersebut diagram pathnya jadi ga keluar ya pa?

    lalu penyelesaiannya seperti apa pa?
    trimakasih banyak pa.

    1. ya…model anda diidentifikasi sebagai “underidentified model”. biasa terjadi pada variabel laten yang diukur dengan indikator tunggal…

  22. salam,
    mau tanya, jika normalitas tidak terpenuhi bisa ga pake path. soalnya variabel saya SBI dan inflasi tidak bisa di normalkan memakai normal scores..

  23. Pak aku sangat berhutang budi kepada Bapak Semoga Bapak selalu sehat dan banyak rezeki lahir batin dunia akhirat Amin Amin Amin

  24. mas, kalo error variance yang berlebihan (lebih dari 1000) apa dianggap wajar? yang diperhatikan itu apakah error variance-nya atau signifikansi variabel yang diestimasi?
    terima kasih

Leave a comment