Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian, edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta

Sangat Bagus !!..inilah kesan yang saya tangkap dari buku dengan jumlah halaman isi 500 ini. Terdiri dari 5 bagian :

  1. Pra Perencanaan (8 Bab)
  2. Perencanaan (4 Bab)
  3. Pelaksanaan Penelitian (4 Bab)
  4. Pengolahan Data (4 Bab)
  5. Penyusunan Laporan Penelitian (3 Bab)

Keterangan :

Pra perencanaan (menyusun proposal, merumuskan judul, merumuskan hipotesis, mengkaji bahan pustaka, menentukan subjek penelitian, memilih instrumen penelitian)

Persiapan Peneltian (mengatur perencanaan penelitian, menyusun instumen, menyiapkan kancah penelitian, melaksanakan ujicoba penelitian)

Pelaksanaan Penelitian (pelaksanaan penelitian eksperimen, evaluasi, deskriptif, penelitian historis)

Pengolahan Data (analisis data penelitian deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis data penelitian eksperimen, analisis varian)

Penyusunan Laporan Penelitian (kerangka laporan penelitian, Pokok isi laporan, pelengkap dan tata tulis laporan penelitian)

Pokoknya komplit..saya beli di tahun 2007 (tapi harganya udah hilang dari back cover buku..jadinya lupa.)

Mungkin ada yang bingung cari rumus regresi ganda tiga variabel independen, maka di sini ada !!!!….SILAHKAN KOLEKSI..terutama bagi guru-guru yang akan melaksanakan penelitian seputar masalah pendidikan, maka buku ini banyak menguraikan contoh-contoh masalah pendidikan.

41 thoughts on “Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian

  1. mlm pa saya mau tanya soal buku asli teori kategorisasi arikunto sebenarnya di buku manaa teori itu ?????

  2. assalamua.alaikum pak saya mau buat skripsi dengan judul partisipasi masyarakat terhadap kemauuan dan perkembangan Madin, sy mau pake penelitian secara kualitatif, pengambian data sampel d populasi. kl yg diteliti umlah populasi diatas 100 maka u samplenya diambil brp %?

    1. riset kualitatif tidak ditentukan berapa jumlah sampel nya secara spesifik..
      coba pelajari lagi perbedaan riset kualitatif dan kuantitatif..

      thanks

  3. assalammualaikum bapak saya mau nanya,
    ini saya meneliti tentang keomunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien
    dari jawabannya itu ada 2 pilih Ya atau tidak
    jika dia Ya = nilainya 1
    jika dia tidak = nilainya 0

    terus cara pengkatagoriannya punya saya seperti ini

    Baik =76-100%
    cukup baik = 56-75%
    kurang baik = kurang dari 56%

    kan seharus ada 4 katagori kalau menurut di buku

    Baik =76-100%
    cukup baik = 56-75%
    kurang baik = 40-56%
    tidak baik = kurang dari 40%

    terus yang mau saya tanyakan begini bapak
    apakah boleh di jadikan 3 katagori saja??
    terus alasan apa ?

    1. saya belum menemukan itu mbak…tapi kalo mau belajar..mbak bisa baca2 di laporan2 hasil survey kepuasan masyarakat yang banyak di publish intansi or kementerian…

  4. Assalamualaikum, mohon bantuan nya. Penelitian skripsi saya menggunakan mnetode komparatif kuantitatif, rumus apa yang harus saya gunakan? saya masih bingung… mohon bantuannya terimakasih.

  5. sampel apa yang digunakan apabila yang murud yang diteliti langsung pada murid yang mengikuti kegiatan tersebut, tidak mewakili seluruh siswa. dan tolong jelaskan tentang non probality sampling

    1. sifatnya deskriptif dan bukan untuk generalisasi mbak…non probability itu metode pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang yang sama pada populasi untuk ditetapkan sebagai sampel…

  6. Aslm…mohon bantuannya pak, ada gk yang tahu mengolah data risiko sistematis tapi menggunakan excel tapi saya ambil data akhir tahun selama 5 perioede dari 2008-2012, begitu juga data ihsg nya…misal data harga saham pada PT ASRI per 31 des 08, 31 des 09, 31 des 2010, dst 31 desmber 2012, begitu juga data IHSG nya, karena rumusnya risiko sistematis= covar (Ri.Rm)/var (Rm), dimana Ri=return harga saham, Rm=Return pasar=Ihsg tahun ini-dikurang tahun lalu bagi tahun lalu, begitu juga mencari return saham(Ri) Ri sekarg-Ri tahun lalu/Ri tahun lalu

  7. kalau populasinya tidak diketahui, metode apa yang dipakai untuk menentukan sampel? dan bagaimana caranya? mohon bantuannya. thanks šŸ™‚

  8. mohon bantuannya …
    apabila saya menggunakan rumus slovin namun tingkat presisinya menggunakan 15% apakah masih bisa mewakili populasi .. populasi yang saya gunakan 120 orang ???
    terimakasih

  9. mohon petujuk, metode dalam pemberian bobot kuisoner dan berapa persentase nilainya untuk menentukan hasil kuisioner sesuai atau tidak…
    trims

  10. mohon bantuannya..
    penelitian sy akan mengambil sampel guru, populasi guru di skolah tsb 90 orang. apa sampelnya harus menggunakan seluruh jumlah guru tsb krna populasi nya kurang dari 100??

  11. Ass,,,
    mhon bantuannya,,,
    jika jumlah sampel saya cuma ada 6,,
    apa bisa saya pertahankan dalam sidang skripsiny,,??
    penelitian saya studi hubungan,,,
    dan apa ada referensi buku yang menyatakan boleh melakukan penelitian dengan jumlah sampel demikian!!!!!
    terima kasih

  12. mohon bantuannya,,
    penelitian saya menggunakan skala likert dengan skala 4, nah yang saya ingin tanyakan interpretasi skor skala likertnya yang dalam bentuk persentase apakah hrs 4 jg atau 5?? yang saya dapat
    0%-25%
    26%-50%
    51%-75%
    76%-100%
    Terima kasihh

  13. Dimana beli buku manajemen penelitian itu? Dibanjarmasin saya tidak menemukannya. Padahal saya perlu untuk penelitian saya

    1. Terimakasih sis komentnya .. Saya selaku cucu anak dr Prof.Suharsimi Arikunto .. Akan membantu anda .. Silahkan anda menghubungi saya di nomor 085740999269 .. Anda bisa konsiultasi dengan eyang saya eyang suharsimi šŸ™‚ ..

    1. iya, setelah menentukan jumlah dari hasil penjumlahan skor tiap jawaban.
      untuk menggolongkan ke baik buruk/ positif negatif suatu sikap, bagaimana caranya??
      terima kasih . .
      mohon petunjuknya

Leave a comment